Show simple item record

dc.contributor.authorHASANAH, Ika Nur Qomariyah
dc.date.accessioned2024-01-12T07:50:18Z
dc.date.available2024-01-12T07:50:18Z
dc.date.issued2023-10-23
dc.identifier.nim190210402034en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119457
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_januari_2024_11 Finalisasi unggah file repositori tanggal 12 Januari 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractDi kelas VII K MTs Zainul Hasan Genggong ditemukan permasalahan terkait penulisan teks deskripsi. Teks deskripsi yang ditulis oleh siswa kelas VII K berupa poin-poin bukan teks deskripsi, sebagian siswa juga menulis satu kalimat panjang dan penulisannya menyerupai penulisan paragraf, dan satu siswa mengumpulkan teks cerita atau teks narasi bukan teks deskripsi. Oleh karena itu, teks deskripsi yang ditulis siswa belum bisa disebut teks deskripsi karena tidak sesuai dengan struktur dan ciri kebahasaan teks deskripsi. Tindakan yang dapat dilakukan ialah menerapkan prosedur pembelajaran PjBL (Project Base Learning) yang dikemas pada Nearpod. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII MTs Zainul Hasan Genggong melalui prosedur pembelajaran PjBL yang dikemas pada Nearpod? (2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII K MTs Zainul Hasan Genggong setelah dilakukan pembelajaran melalui prosedur pembelajaran PjBL yang dikemas pada Nearpod? Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses serta peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII K MTs Zainul Hasan Genggong setelah diterapkan pembelajaran menulis teks deskripsi dengan prosedur PjBL yang dikemas pada Nearpod. Dengan demikian, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berkiblat pada model PTK Kurt Lewin. Pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII K MTs Zainul Hasan Genggong melalui prosedur pembelajaran PjBL yang dikemas pada Nearpod berhasil meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa. Hal ini diketahui dari teks deskripsi yang ditulis siswa semakin baik, nilai rata-rata siswa, dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal juga semakin meningkat. Pada tahap prasiklus nilai rata-rata siswa yaitu 53 dengan ketuntasan belajar 38% meningkat menjadi 62 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 57,1% pada siklus I, dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 78,4 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 91%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa prosedur pembelajaran PjBL yang dikemas pada Nearpod dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII K MTs Zainul Hasan Genggong. Adapun saran yang direkomendasikan dari hasil penelitian ini untuk guru Bahasa Indonesia agar dapat menerapkan prosedur pembelajaran PjBL dan Nearpod tidak hanya di kelas VII K melainkan diterapkan juga di kelas lainnya. Bagi pimpinan lembaga pendidikan beserta wakilnya, hasil penelitian ini sebaiknya dipertimbangkan untuk dijadikan evaluasi dalam upaya perbaikan serta peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Sementara itu, peneliti selanjutnya hendaknya menjadikan penelitian ini sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan penelitian yang relevan dengan penelitian ini dan/ menyempurnakan penelitian ini dengan memberikan pembaruan pada penelitian yang relevan dengan penelitian ini.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing utama : Dr. PARTO, M.Pd. Dosen Pembimbing anggota : AHMAD SYUKRON, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKeterampilan Menulisen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectMedia Nearpoden_US
dc.subjectProject Based Learningen_US
dc.titlePeningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII MTs Zainul Hasan Genggong Probolinggo melalui Prosedur PjBL yang Dikemas pada Nearpoden_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. PARTO, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2AHMAD SYUKRON, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_januari_2024_11en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record