Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka terhadap Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Mata Pelajaran Sejarah di SMAN 2 Jember
Abstract
Berdasarkan Kemendikbudristek No.56/M/2022, disebutkan bahwa projek
penguatan profil pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbasis
projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan
karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar
Kompetensi Lulusan. Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila
dilakukan secara fleksibel dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan.
Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler.
Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan
tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler. Satuan pendidikan dapat melibatkan
masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek
penguatan profil pelajar Pancasila. Prinsip projek penguatan profil pelajar
Pancasila : 1) holistik; 2) konstekstual; 3) berpusat pada peserta didik; dan 4)
eksploratif. Guru dapat tetap melaksanakan pembelajaran berbasis projek di
kegiatan mata pelajaran (intrakurikuler). Pembelajaran berbasis projek di
intrakurikuler bertujuan mencapai Capaian Pembelajaran (CP), sementara projek
penguatan profil pelajar Pancasila bertujuan mencapai kompetensi profil pelajar
Pancasila.
Berdasarkan latar belakang di atas, dilakukan penelitian tentang
problematika penerapan kurikulum merdeka terhadap projek penguatan profil
pelajar pancasila Adapun rumusan masalah pada penelitian ini sebagai berikut: (1)
Bagaimana penerapan kurikulum merdeka terhadap Project Penguatan Profil
Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Sejarah di SMAN 2 Jember (2) Apa saja
Problematika penerapan kurikulum merdeka terhadap Project Penguatan Profil
Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Sejarah di SMAN 2 Jember ( 3)
Bagaimana solusi yang dilakukan oleh pendidik dalam menghadapi Problematika
penerapan kurikulum merdeka terhadap Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila
dalam Mata Pelajaran Sejarah di SMAN 2 Jember.
Hasil penelitian yang telah di lakukan oleh peneliti. SMA Negeri 2
Jember dalam melaksanakan Proyek penguatan profil pelajar khususnya pada
mata pelajaran sejarah proyek yang di laksanakan pada 7 Maret 2023 merupakan
proyek terakhir dari SMA Negeri 2 Jember dengan nama Proyek Danusion
(Smada Nusantara Fashion) dengan Tema Bhineka tunggal ika proyek ini di
panitia i oleh guru – guru yang mengajar dari mata pelajaran Sejarah, Geografi,
ekonomi, seni budaya, Prakarya dan Sosiologi. Berdasarkan hasil wawancara
kepada pak priyangga mengapa memilih nama danusion dan tema Bhineka
Tunggal ika Dalam penerapan kurikulum merdeka terhadap Project Penguatan
Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran mengalami beberapa kendala,
diantaranya: saat pelaksanan Projek penguatan profil pelajar pancasila kesadaran
sejarah belum tersampaikan kepada peserta didik Berdasarkan hasil wawancara
kepada bapak priyangga apa yang menjadi problem saat projek penguatan profil
pelajar pancasila khususnya pada mata pejalaran sejarah di terapkan. (1) Aspek
pembelajaran sejarah, mencari tema proyek yang sesuai. Sikap karakter malas
sebagian kecil siswa, Membutuhkan waktu dan tenaga ekstra dalam menyusun
tugas administratif proyek, Guru dituntut berkomitmen melaksanakan kegiatan
proyek yang pelaksanaan pembelajarannya berpusat pada siswa.
Kesimpulan Hasil penelitian Dalam penerapan suatu hal baru seperti
kurikulum merdeka dalam proyek penguatan profil pelajar pancasila pada
pembelajaran sejarah bukanlah hal yang wajar jika semuanya berjalan secara
baik-baik saja tanpa adanya kendala suatuTerlep as dari hal tersebut maka ada
beberapa solusi yang dapat menjadi upaya penyelesaian dalam problematika yang
terjadi. diantaranya adalah. Mempersiapkan Siswa . Siswa lebih di persiapkan
lagi secara materi dan kreatifitas agar dalam pelaksanaan P 5 bisa terlaksana
secara maksimal, mendorong siswa untuk lebih semangat belajar memahami
konsep dari setiap yang di tampilkan.
Mengajak siswa mendokumentasikan setiap proses proyek penguatan
profil pelajar Pancasila. Setelah vlog mereka jadi, minta siswa untuk
membagikannya di media sosial mereka. Dengan begitu siswa lebih semangat
dalam menjalankan proyek penguatan profil pelajar Pancasila ini. Libatkan siswa
secara aktif Melibatkan siswa secara aktif. Mulai dari awal hingga akhir
pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila biarkan siswa mengambil
peran secara aktif. Menjadi subyek, bukan obyek. Lakukan proyek yang
berorientasi pada siswa.