• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Active Learning Dengan Strategi Everyone is A Teacher Here Berbasis Questioning and Answering Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Retensi Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA di Kawasan Pertanian Industrial

    Thumbnail
    View/Open
    Naskah Skripsi_Kurnia Suciningsih_190210103119.pdf (2.547Mb)
    Date
    2023-05-29
    Author
    SUCININGSIH, Kurnia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan 4C pada pendidikan abad ke-21. Keterampilan berpikir kritis siswa merupakan tolak ukur keberhasilan dalam mencapai kompetensi pembelajaran, dengan kemampuan tersebut siswa dapat menghadapi dan menyelesaikan permasalahan melalui konsep sains. Keterampilan berpikir kritis berkaitan dengan retensi siswa. Siswa yang memiliki retensi tinggi tentu memiliki keterampilan berpikir kritis yang tinggi pula. Berdasarkan hasil observasi di SMAN 3 Jember, disebutkan oleh guru biologi bahwa tingkat kemampuan berpikir kritis dan retensi siswa masih rendah. Terbukti dari rendahnya rata-rata hasil UAS mata pelajaran biologi semester gasal kelas XI. Siswa masih kesulitan dalam memahami materi yang telah dipelajari, karena pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga kurang melatih siswa untuk berpikir kritis. Pembelajaran yang berpusat pada siswa (student-centered) mampu melatih siswa untuk berpikir kritis. Strategi pembelajaran yang dapat digunakan adalah ETH berbasis Q&A yang merupakan salah satu strategi active learning dengan melibatkan siswa secara penuh karena siswa diberi kesempatan untuk menjadi guru bagi siswa lainnya. Pembelajaran selalu diawali dengan pertanyaan faktual sehingga memicu stimulus siswa untuk berpikir kritis, melatih kemandirian belajar siswa serta sikap kolaboratif siswa dalam berkelompok. Selain itu, melatih siswa untuk berani menyampaikan pendapat. Pembelajaran dengan strategi ETH berbasis Q&A melibatkan partisipasi aktif siswa melalui tahapan yang menciptakan pembelajaran bermakna sehingga dapat membantu otak untuk menyimpan memori materi yang sedang dipelajari pada memori jangka panjang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi-eksperimen. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 3 Jember. Proses pelaksanaan penelitian dilakukan dengan menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan strategi pembelajaran ETH berbasis Q&A sedangkan di kelas kontrol diterapkan pembelajaran dengan metode ceramah. Hasil kemampuan berpikir kritis dan retensi siswa dianalisis menggunakan uji ANAKOVA dengan menggunakan aplikasi SPSS. Data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu hasil kemampuan berpikir kritis siswa serta retensi siswa. Hasil signifikansi nilai kemampuan berpikir kritis siswa yaitu sebesar 0,00 (p<0,05), maka terdapat pengaruh secara signifikan pada proses pembelajaran dengan strategi ETH berbasis Q&A terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil signifikansi retensi siswa sebesar 0,00 (p<0,05), maka terdapat pengaruh secara signifikan pada proses pembelajaran dengan strategi ETH berbasis Q&A terhadap retensi belajar siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119218
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15444]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository