Show simple item record

dc.contributor.authorSUCININGSIH, Kurnia
dc.date.accessioned2023-12-18T07:44:51Z
dc.date.available2023-12-18T07:44:51Z
dc.date.issued2023-05-29
dc.identifier.nim190210103119en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119218
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_november_2023_10en_US
dc.description.abstractKemampuan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan 4C pada pendidikan abad ke-21. Keterampilan berpikir kritis siswa merupakan tolak ukur keberhasilan dalam mencapai kompetensi pembelajaran, dengan kemampuan tersebut siswa dapat menghadapi dan menyelesaikan permasalahan melalui konsep sains. Keterampilan berpikir kritis berkaitan dengan retensi siswa. Siswa yang memiliki retensi tinggi tentu memiliki keterampilan berpikir kritis yang tinggi pula. Berdasarkan hasil observasi di SMAN 3 Jember, disebutkan oleh guru biologi bahwa tingkat kemampuan berpikir kritis dan retensi siswa masih rendah. Terbukti dari rendahnya rata-rata hasil UAS mata pelajaran biologi semester gasal kelas XI. Siswa masih kesulitan dalam memahami materi yang telah dipelajari, karena pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga kurang melatih siswa untuk berpikir kritis. Pembelajaran yang berpusat pada siswa (student-centered) mampu melatih siswa untuk berpikir kritis. Strategi pembelajaran yang dapat digunakan adalah ETH berbasis Q&A yang merupakan salah satu strategi active learning dengan melibatkan siswa secara penuh karena siswa diberi kesempatan untuk menjadi guru bagi siswa lainnya. Pembelajaran selalu diawali dengan pertanyaan faktual sehingga memicu stimulus siswa untuk berpikir kritis, melatih kemandirian belajar siswa serta sikap kolaboratif siswa dalam berkelompok. Selain itu, melatih siswa untuk berani menyampaikan pendapat. Pembelajaran dengan strategi ETH berbasis Q&A melibatkan partisipasi aktif siswa melalui tahapan yang menciptakan pembelajaran bermakna sehingga dapat membantu otak untuk menyimpan memori materi yang sedang dipelajari pada memori jangka panjang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi-eksperimen. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 3 Jember. Proses pelaksanaan penelitian dilakukan dengan menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan strategi pembelajaran ETH berbasis Q&A sedangkan di kelas kontrol diterapkan pembelajaran dengan metode ceramah. Hasil kemampuan berpikir kritis dan retensi siswa dianalisis menggunakan uji ANAKOVA dengan menggunakan aplikasi SPSS. Data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu hasil kemampuan berpikir kritis siswa serta retensi siswa. Hasil signifikansi nilai kemampuan berpikir kritis siswa yaitu sebesar 0,00 (p<0,05), maka terdapat pengaruh secara signifikan pada proses pembelajaran dengan strategi ETH berbasis Q&A terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil signifikansi retensi siswa sebesar 0,00 (p<0,05), maka terdapat pengaruh secara signifikan pada proses pembelajaran dengan strategi ETH berbasis Q&A terhadap retensi belajar siswa.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dr. Bea Hana Siswati, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing Anggota : Nadyatul Ilma Indah S., S.Si., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectSTRATEGI PEMBELAJARANen_US
dc.subjectBERPIKIR KRITISen_US
dc.subjectMETODE PEMBELAJARANen_US
dc.titlePengaruh Active Learning Dengan Strategi Everyone is A Teacher Here Berbasis Questioning and Answering Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Retensi Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA di Kawasan Pertanian Industrialen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Biologien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Bea Hana Siswati, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Nadyatul Ilma Indah Savira, S.Si., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_november_2023_10en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record