Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Idol K-Pop dan Brand Image Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee (Studi Kasus pada Siswa Kelas 10-11 Jurusan IPS SMA Negeri 4 Probolinggo)
Abstract
Penggunaan brand ambassador sebagai perwakilan perusahaan diyakini
mempunyai daya tarik tersendiri. Selain mempunyai keuntungan diperhatikan
publik dan kekuatan memperoleh perhatian dari konsumen, brand ambassador
juga memiliki kekuatan untuk dijadikan sebagai alat untuk merayu, membujuk
serta mempengaruhi konsumen dengan popularitas yang dimilikinya. Siswa kelas
10-11 Jurusan IPS SMA Negeri 4 Probolinggo memperhatikan idol Kpop yang
menjadi brand ambassador shopee dalam media sosial maupun televisi. Brand
ambassador memiliki pengaruh yang kuat karena semakin populer dan rupawan
idol Kpop yang dipilih sebagai brand ambassador maka semakin membuat siswa
kelas 10-11 Jurusan IPS SMA Negeri 4 Probolinggo untuk menggunakan shopee
dalam mengambil keputusan pembelian.
Brand image dapat mempengaruhi penilaian konsumen terhadap berbagai
macam merek yang akan dipilih sebagai keputusan pembelian konsumen. Shopee
memiliki image yang positif karena sudah lama dikenal oleh masyarakat
Indonesia. Hal tersebut dapat diketahui dengan banyaknya penghargaan yang
diterima shopee dalam hal kualitas layanan dan produk-produk yang diberikan
Shopee kepada konsumen. Brand image perusahaan akan diingat oleh konsumen
apabila konsumen merasakan senang atau tidak senang saat berbelanja pada
perusahaan yang ia pilih.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan
Brand Ambassador Idol K-Pop dan Brand Image Perusahaan Terhadap Keputusan
Pembelian pada Marketplace Shopee pada Siswa Kelas 10-11 Jurusan IPS SMA
Negeri 4 Probolinggo dan untuk mengetahui variabel yang paling berpengaruh di
antara brand ambassador idol Kpop dan brand image perusahaan Terhadap
Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee pada Siswa Kelas 10-11 Jurusan
IPS SMA Negeri 4 Probolinggo. Pada teknik pengambilan sampel menggunakan
Non Probability Sampling yaitu sebanyak 71 responden, analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil perhitungan koefisiensi determinasi (R2
) yang digunakan untuk
mengetahui kontribusi pengaruh variabel bebas (brand ambassador idol Kpop dan
brand image perusahaan) terhadap variabel terikat (keputusan pembelian) sebesar
0,803. Hal ini menunjukan bahwa besarnya pengaruh brand ambassador idol
Kpop dan brand image perusahaan terhadap keputusan Pembelian pada
Marketplace Shopee pada Siswa Kelas 10-11 Jurusan IPS SMA Negeri 4
Probolinggo yaitu sebesar 80,3% sedangkan sisanya yaitu 19,7 % dipengaruhi
oleh variabel bebas yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variabel brand
ambassador idol Kpop yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian
pada Marketplace Shopee pada Siswa Kelas 10-11 Jurusan IPS SMA Negeri 4
Probolinggo yaitu sebesar 44,34%, sedangkan variabel brand image perusahaan
berpengaruh sebesar 35,9 %. Hal ini menunjukan bahwa variabel brand
ambassador idol Kpop lebih berpengaruh terhadap keputusan pembelian
dibandingkan dengan brand image.