• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Idol K-Pop dan Brand Image Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee (Studi Kasus pada Siswa Kelas 10-11 Jurusan IPS SMA Negeri 4 Probolinggo)

    Thumbnail
    View/Open
    skripsi era friyda kumala-repository.pdf (3.835Mb)
    Date
    2022-09-17
    Author
    KUMALA, Era Friyda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penggunaan brand ambassador sebagai perwakilan perusahaan diyakini mempunyai daya tarik tersendiri. Selain mempunyai keuntungan diperhatikan publik dan kekuatan memperoleh perhatian dari konsumen, brand ambassador juga memiliki kekuatan untuk dijadikan sebagai alat untuk merayu, membujuk serta mempengaruhi konsumen dengan popularitas yang dimilikinya. Siswa kelas 10-11 Jurusan IPS SMA Negeri 4 Probolinggo memperhatikan idol Kpop yang menjadi brand ambassador shopee dalam media sosial maupun televisi. Brand ambassador memiliki pengaruh yang kuat karena semakin populer dan rupawan idol Kpop yang dipilih sebagai brand ambassador maka semakin membuat siswa kelas 10-11 Jurusan IPS SMA Negeri 4 Probolinggo untuk menggunakan shopee dalam mengambil keputusan pembelian. Brand image dapat mempengaruhi penilaian konsumen terhadap berbagai macam merek yang akan dipilih sebagai keputusan pembelian konsumen. Shopee memiliki image yang positif karena sudah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat diketahui dengan banyaknya penghargaan yang diterima shopee dalam hal kualitas layanan dan produk-produk yang diberikan Shopee kepada konsumen. Brand image perusahaan akan diingat oleh konsumen apabila konsumen merasakan senang atau tidak senang saat berbelanja pada perusahaan yang ia pilih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Idol K-Pop dan Brand Image Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee pada Siswa Kelas 10-11 Jurusan IPS SMA Negeri 4 Probolinggo dan untuk mengetahui variabel yang paling berpengaruh di antara brand ambassador idol Kpop dan brand image perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee pada Siswa Kelas 10-11 Jurusan IPS SMA Negeri 4 Probolinggo. Pada teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling yaitu sebanyak 71 responden, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil perhitungan koefisiensi determinasi (R2 ) yang digunakan untuk mengetahui kontribusi pengaruh variabel bebas (brand ambassador idol Kpop dan brand image perusahaan) terhadap variabel terikat (keputusan pembelian) sebesar 0,803. Hal ini menunjukan bahwa besarnya pengaruh brand ambassador idol Kpop dan brand image perusahaan terhadap keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee pada Siswa Kelas 10-11 Jurusan IPS SMA Negeri 4 Probolinggo yaitu sebesar 80,3% sedangkan sisanya yaitu 19,7 % dipengaruhi oleh variabel bebas yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variabel brand ambassador idol Kpop yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Shopee pada Siswa Kelas 10-11 Jurusan IPS SMA Negeri 4 Probolinggo yaitu sebesar 44,34%, sedangkan variabel brand image perusahaan berpengaruh sebesar 35,9 %. Hal ini menunjukan bahwa variabel brand ambassador idol Kpop lebih berpengaruh terhadap keputusan pembelian dibandingkan dengan brand image.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119107
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository