Pengaruh Model Brain Based Learning berbantuan Media Interaktif Nearpod terhadap Historical Thinking Skill Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah
Abstract
Kurikulum Merdeka menyebut beberapa lingkup standar kecakapan pada mata pelajaran Sejarah salah satunya yaitu menekankan Historical Thinking Skill. Akan tetapi, beberapa penelitian terdahulu menunjukkan bahwa Historical Thinking Skill pada peserta didik dikategorikan rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memverifikasi pengaruh model Brain Based Learning berbantuan media interaktif nearpod terhadap Historical Thinking Skill peserta didik pada mata pelajaran sejarah. Desain penelitian ini adalah pre experimental design dalam bentuk pretest-posttest; one group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri Tempeh tahun ajaran 2022/2023 meliputi kelas X1 sampai X9. Sampel penelitian ini terdiri dari 36 peserta didik dari kelas X2 sebagai kelas ekperimen. Instrumen penelitian ini berupa tes pilihan ganda sebanyak 30 item dan unjuk kerja untuk mengukur Historical Thinking Skill peserta didik sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan Paired Sample T-test dengan hasil uji hipotesis tes memiliki nilai thitung (25,479) > ttabel (2,030) dan nilai probabilitas sig. 0,000 < 0,05 serta hasil uji hipotesis unjuk kerja memiliki nilai thitung (32,413) > ttabel (2,030) dan nilai probabilitas sig. 0,000 < 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model Brain Based Learning berbantuan media interaktif Nearpod terhadap Historical Thinking Skill peserta didik pada mata pelajaran sejarah.