Show simple item record

dc.contributor.authorSILMY, Arina Fitrotha
dc.date.accessioned2023-12-12T23:29:09Z
dc.date.available2023-12-12T23:29:09Z
dc.date.issued2023-07-07
dc.identifier.nim190210302032en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119081
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 13 Desember 2023en_US
dc.description.abstractKurikulum Merdeka menyebut beberapa lingkup standar kecakapan pada mata pelajaran Sejarah salah satunya yaitu menekankan Historical Thinking Skill. Akan tetapi, beberapa penelitian terdahulu menunjukkan bahwa Historical Thinking Skill pada peserta didik dikategorikan rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memverifikasi pengaruh model Brain Based Learning berbantuan media interaktif nearpod terhadap Historical Thinking Skill peserta didik pada mata pelajaran sejarah. Desain penelitian ini adalah pre experimental design dalam bentuk pretest-posttest; one group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri Tempeh tahun ajaran 2022/2023 meliputi kelas X1 sampai X9. Sampel penelitian ini terdiri dari 36 peserta didik dari kelas X2 sebagai kelas ekperimen. Instrumen penelitian ini berupa tes pilihan ganda sebanyak 30 item dan unjuk kerja untuk mengukur Historical Thinking Skill peserta didik sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan Paired Sample T-test dengan hasil uji hipotesis tes memiliki nilai thitung (25,479) > ttabel (2,030) dan nilai probabilitas sig. 0,000 < 0,05 serta hasil uji hipotesis unjuk kerja memiliki nilai thitung (32,413) > ttabel (2,030) dan nilai probabilitas sig. 0,000 < 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model Brain Based Learning berbantuan media interaktif Nearpod terhadap Historical Thinking Skill peserta didik pada mata pelajaran sejarah.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dr. Nurul Umamah, M.Pd Dosen Pembimbing Anggota : Drs. Marjono, M.Humen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectBRAIN BASED LEARNINGen_US
dc.subjectHISTORICAL THINKING SKILLen_US
dc.subjectPELAJARAN SEJARANen_US
dc.titlePengaruh Model Brain Based Learning berbantuan Media Interaktif Nearpod terhadap Historical Thinking Skill Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarahen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Sejarahen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Nurul Umamah, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Marjono, M.Humen_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Oktober_2023_11en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record