Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry pada Materi Bioteknologi terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP
Abstract
Penelitian ini memakai metode kuasi eksperimen dan post test-only control group design memiliki tujuan mengkaji pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA peserta didik SMP yang bertempat di SMPN 7 Jember. Pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data memakai teknik uji independent sample t-test serta uji t-pihak kanan. Hasilnya menunjukkan bahwasanya ada beda rerata sikap ilmiah dan hasil belajar IPA kelas kontrol serta eksperimen. Analisis uji hipotesis angket sikap ilmiah dan hasil belajar IPA menunjukan nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 dan uji t-pihak kanan semua data yakni thitung lebih tinggi dibanding ttabel, dengan ini H0 ditolak dan Ha diterima. Diperoleh kesimpulan Guided Inquiry mempunyai pengaruh signifikan terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA peserta didik SMP.