• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Pengaruh E-Satisfaction dan E-Trust Terhadap E-Loyalty pada Aplikasi Traveloka Menggunakan Metode Partial Least Square Structural Equation Modeling (PlsSem)

    Thumbnail
    View/Open
    Repository Eggy Yudha Pratama.pdf (1.431Mb)
    Date
    2023-06-22
    Author
    PRATAMA, Eggy Yudha
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Aplikasi mobile saat ini sangat berguna bagi pengguna dalam berbagai hal, seperti memesan akomodasi dan tiket transportasi. Aplikasi traveloka merupakan salah satu aplikasi mobile di Indonesia untuk pemesanan hotel dan tiket perjalanan, dengan lebih dari 50.000.000 unduhan per Januari 2022. Pengguna Traveloka memberikan rating yang buruk di Google Play Store karena adanya masalah seperti masalah pengembalian dana, pengaturan ulang jadwal keberangkatan, sistem pembayaran traveloka, dan masalah lainnya. Hal ini mengurangi kepuasan dan kepercayaan pengguna terhadap aplikasi, yang dapat menyebabkan konsumen meninggalkan traveloka dan berpindah ke aplikasi lain yang sebanding. Penelitian ini menganalisa pengaruh kepuasan pengguna (e-satisfaction) dan kepercayaan (e-trust) terhadap loyalitas pengguna (e-loyalty) pada aplikasi traveloka dengan menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Dalam penelitian ini, metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) digunakan untuk mengevaluasi hubungan antar variabel laten. Karena metode PLS dapat digunakan pada data yang tidak terdistribusi secara teratur. Dengan kata lain, teknik PLS-SEM dapat digunakan pada data dengan jumlah sampel yang kecil. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel e-satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap e-loyalty. Sedangkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel e-trust dengan e-loyalty. Rekomendasi yang dapat diberikan berdasarkan temuan dari penelitian ini adalah berinovasi dengan teknologi terkini, meningkatkan komunikasi dengan pelanggan, dan menawarkan program loyalitas dan penghargaan kepada pengguna traveloka.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118889
    Collections
    • UT-Faculty of Computer Science [1055]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository