Pengaruh Halal Awarness dan Religiuisitas Terhadap Pembelian Produk Kentucky Fried Chiken di Kabupaten Jember2
Abstract
Pengaruh Halal Awareness dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian
Produk Kentucky Fried Chicken di Kabupaten Jember ; Dani Aldhio Dwi
Saksono, 170810102032; 2023; 79 halaman; Program Studi Ekonomi Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember.
Kemajuan ekonomi saat ini berkembang dengan cepat hingga memicu
persaingan bisnis, salah satu persaingan bisnis ialah di bidang fast food atau
makanan cepat saji dikarenakan waktu yang sangat efisiensi dan menjadi bukti
sosial budaya masyarakat yang semakin modern. Perusahaan makanan dituntut
untuk memberikan suatu inovasi pada produknya agar dapat menarik konsumen
dalam menciptakan keputusan pembelian. Terdapat berbagai faktor dalam
melakukan beberapa keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen
diantaranya adalah Halal Awareness dan Religiusitas.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Halal Awareness
dan religiusitas terhadap keputusan pembelian produk Kentucky Fried Chicken.
Penelitian ini merupakan explanatory research yang bertujuan untuk mengetahui
hubungan antara variabel independen terhadap variabel dependen. Populasi yang
digunakan yaitu sebanyak 65 orang masyarakat Kabupaten Jember. Teknik yang
digunakan untuk mengambil sampel adalah teknik snow ball.
Data yang diperoleh pada variabel Halal Awareness menunjukan hasil t hitung
sebesar 3.923 dimana tingkat kepentingan ≥ 0.05 dan t hitung ≥ 1.998 (t tabel)
sehingga Ho ditolak maka berpengaruh signifikan. Pada variabel religiusitas
memiliki pengaruh 0,001 dan t hitung sebesar 3,406 dimana nilai signifikasi ≤ 0.05
dan nilai t hitung ≥ 1.998 (t tabel) maka Ho ditolak. Maka berpengaruh signifikan