Pengaruh Cita Rasa, Varian Produk, dan Kualitas Layanan terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan pada Mie Semeru di Lumajang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh cita rasa, varian produk,
dan kualitas layanan terhadap minat beli ulang melalui kepuasan pelanggan pada Mie
Semeru di Lumajang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen Mie
Semeru di Lumajang. Metode dalam pengambilan sampel pada penelitian ini
menggunakan non-probability sampling, yaitu tidak memberikan kesempatan yang
sama bagi setiap anggota populasi, dengan memakai teknik purposive sampling
sebanyak 126 responden. Analisis menggunakan analisis jalur berbasis software SPSS.
Dari hasil pengujian dan pembahasan dalam penelitian ini, maka dapat ditarik
beberapa kesimpulan, 1) Cita rasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan pelanggan, 2) Varian produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan pelanggan, 3) Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan pelanggan, 4) Cita rasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
beli ulang, 5) Varian produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli
ulang, 6) Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli
ulang, 7) Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli
ulang, 8) Cita rasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang melalui
kepuasan pelanggan, 9) Varian produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap
minat beli ulang melalui kepuasan pelanggan, 10) Kualitas layanan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap minat beli ulang melalui kepuasan pelanggan.