• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Bahan Ajar Menyimak Informasi Berbasis Multimedia Interaktif Bermuatan Kearifan Seblang Olehsari Kelas V SDN Olehsari Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    TUGAS AKHIR_NURUL MAYSAROH_180210204185.pdf (1.985Mb)
    Date
    2023-05-23
    Author
    MAYSAROH, Nurul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bahasa Indonesia memiliki peran sebagai mata pelajaran yang menghantarkan semua bidang studi. Bahasa Indonesia terdiri atas empat aspek keterampilan, yaitu membaca, menulis, menyimak dan berbicara. Keterampilan menyimak adalah suatu proses mendengar yang disengaja dan penuh perhatian guna memperoleh informasi serta dapat memahami makna yang terkandung di dalam bacaan atau lisan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V SDN Olehsari menjelaskan bahwa pembelajaran menyimak belum terlaksana secara maksimal karena siswa belum memahami isi bacaan, bahan ajar yang kurang menarik dan penyajian materi kurang mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari khususnya dengan kearifan lokal, serta fasilitas yang disediakan sekolah kurang dimanfaatkan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses, kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif bermuatan kearifan lokal Seblang Olehsari untuk kelas V SDN Olehsari Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan “Research Based Development” menurut Borg and Gall dengan 8 tahap prosedur. Data validasi yang diperoleh dari penelitian ini mendapat skor kevalidan 91,03 dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil uji-t, diketahui bahwa nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 ,𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 yang diperoleh sebesar 32,292 , sedangkan nilai 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan taraf signifikansi 0,05 dengan df 26 adalah 2,052, sehingga bahan ajar yang dikembangkan lebih efektif daripada bahan ajar sebelumnya. Nilai rata-rata pretest dan posttest siswa kemudian dihitung menggunakan rumus keefektifan relatif (ER) dan diperoleh bahwa tingkat keefektifan relatif dari bahan ajar yang dikembangkan sebesar 60,27% yang termasuk dalam kategori keefektifan sedang. Hasil analisis data angket respons siswa diperoleh persentase skor sebesar 91,52% dengan kategori sangat efektif, sehingga dapat diberikan kesimpulan bahwa bahan ajar berbasis multimedia interaktif dikatakan valid, efektif, praktis dan dapat digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas V SD.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118813
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15644]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository