Show simple item record

dc.contributor.authorMAYSAROH, Nurul
dc.date.accessioned2023-11-21T07:18:37Z
dc.date.available2023-11-21T07:18:37Z
dc.date.issued2023-05-23
dc.identifier.nim180210204185en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118813
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_oktober_2023_19 Finalisasi unggah file repositori tanggal 21 November 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractBahasa Indonesia memiliki peran sebagai mata pelajaran yang menghantarkan semua bidang studi. Bahasa Indonesia terdiri atas empat aspek keterampilan, yaitu membaca, menulis, menyimak dan berbicara. Keterampilan menyimak adalah suatu proses mendengar yang disengaja dan penuh perhatian guna memperoleh informasi serta dapat memahami makna yang terkandung di dalam bacaan atau lisan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V SDN Olehsari menjelaskan bahwa pembelajaran menyimak belum terlaksana secara maksimal karena siswa belum memahami isi bacaan, bahan ajar yang kurang menarik dan penyajian materi kurang mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari khususnya dengan kearifan lokal, serta fasilitas yang disediakan sekolah kurang dimanfaatkan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses, kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif bermuatan kearifan lokal Seblang Olehsari untuk kelas V SDN Olehsari Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan “Research Based Development” menurut Borg and Gall dengan 8 tahap prosedur. Data validasi yang diperoleh dari penelitian ini mendapat skor kevalidan 91,03 dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil uji-t, diketahui bahwa nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 ,𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 yang diperoleh sebesar 32,292 , sedangkan nilai 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan taraf signifikansi 0,05 dengan df 26 adalah 2,052, sehingga bahan ajar yang dikembangkan lebih efektif daripada bahan ajar sebelumnya. Nilai rata-rata pretest dan posttest siswa kemudian dihitung menggunakan rumus keefektifan relatif (ER) dan diperoleh bahwa tingkat keefektifan relatif dari bahan ajar yang dikembangkan sebesar 60,27% yang termasuk dalam kategori keefektifan sedang. Hasil analisis data angket respons siswa diperoleh persentase skor sebesar 91,52% dengan kategori sangat efektif, sehingga dapat diberikan kesimpulan bahwa bahan ajar berbasis multimedia interaktif dikatakan valid, efektif, praktis dan dapat digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas V SD.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing utama : Drs. Hari Satrijono, M.Pd ; Dosen Pembimbing anggota : Nindya Nurdianasari, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectBahan Ajaren_US
dc.subjectKearifan Lokalen_US
dc.subjectMultimedia Interaktifen_US
dc.subjectKabupaten Banyuwangien_US
dc.titlePengembangan Bahan Ajar Menyimak Informasi Berbasis Multimedia Interaktif Bermuatan Kearifan Seblang Olehsari Kelas V SDN Olehsari Banyuwangien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Hari Satrijonoen_US
dc.identifier.pembimbing2Nindya Nurdianasari, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_oktober_2023_19en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record