• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Promosi Produk Pembiayaan UGT Modal Pertanian Barokah pada BMT UGT Sidogiri Dadapan Bondowoso

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Khoirul Anam.pdf (1.337Mb)
    Date
    2023-06-13
    Author
    ANAM, Khoirul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemunculan Baitul Maal Wat Tamwil telah memperkenalkan masyarakat kepada lembaga keuangan yang menganut prinsip syariah dan menghindari riba dalam bertransaksi. BMT UGT Sidogiri hadir untuk memberikan bantuan kepada konsumen atau nasabah, membantu pembiayaan usaha dan membantu mengembangkan budaya menabung untuk meningkatkan kemampuan dalam mengelola keuangan. Namun BMT UGT Sidogiri masih mengalami kendala pada produk UGT Modal Pertanian Barokah, dimana pada tahun 2018-2021 mengalami fluktuasi, sehingga menyebabkan ketidaksesuaian target, penurunan produk, dan adanya pesaing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi promosi yang digunakan oleh BMT UGT Sidogiri dalam meningkatkan pembiayaan modal pertanian barokah. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Informan dari penelitian ini adalah manajer bagian pemasaran dan karyawan/staff bagian pemasaran di BMT UGT Sidogiri. Analisis datanya menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi promosi pada produk modal pertanian barokah yakni dilakukan oleh BMT UGT Sidogiri ini menggunakan strategi personal selling dengan melihat situasi pasar terlebih dahulu, dimana BMT terjun ke lokasi pasar dan mencari target orang yang terdekat BMT terlebih dahulu, guna untuk memasarkan produk-produk yang dimiliki oleh BMT UGT Sidogiri serta memperkenalkan BMT kepada masyarakat. Selain itu, BMT UGT Sidogiri menggunakan strategi promosi dengan cara mempromosikan tabungan terlebih dahulu, jadi setelah dana masuk baru BMT mempromosikan pembiayaan tersebut. Selain itu, BMT mempromosikan produknya melalui media sosial seperti wa, facebook, dan telegram, serta BMT mempunyai aplikasi yang bernama mobile UGT yang dapat diketahui oleh anggota dengan banyak terdapat fitur-fitur lengkap yang terdapat di aplikasi mobile UGT tersebut.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118754
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12503]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository