dc.contributor.advisor | | |
dc.contributor.advisor | | |
dc.contributor.author | ANAM, Khoirul | |
dc.date.accessioned | 2023-11-16T08:00:22Z | |
dc.date.available | 2023-11-16T08:00:22Z | |
dc.date.issued | 2023-06-13 | |
dc.identifier.nim | 180810102026 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118754 | |
dc.description | validasi_repo_firli_oktober_2023_13
Finalisasi unggah file repositori tanggal 16 November 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Kemunculan Baitul Maal Wat Tamwil telah memperkenalkan masyarakat
kepada lembaga keuangan yang menganut prinsip syariah dan menghindari riba
dalam bertransaksi. BMT UGT Sidogiri hadir untuk memberikan bantuan kepada
konsumen atau nasabah, membantu pembiayaan usaha dan membantu
mengembangkan budaya menabung untuk meningkatkan kemampuan dalam
mengelola keuangan. Namun BMT UGT Sidogiri masih mengalami kendala pada
produk UGT Modal Pertanian Barokah, dimana pada tahun 2018-2021 mengalami
fluktuasi, sehingga menyebabkan ketidaksesuaian target, penurunan produk, dan
adanya pesaing.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi promosi yang digunakan
oleh BMT UGT Sidogiri dalam meningkatkan pembiayaan modal pertanian
barokah. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif
dengan pendekatan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian
ini adalah data primer dan sekunder. Informan dari penelitian ini adalah manajer
bagian pemasaran dan karyawan/staff bagian pemasaran di BMT UGT Sidogiri.
Analisis datanya menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi
promosi pada produk modal pertanian barokah yakni dilakukan oleh BMT UGT
Sidogiri ini menggunakan strategi personal selling dengan melihat situasi pasar
terlebih dahulu, dimana BMT terjun ke lokasi pasar dan mencari target orang yang
terdekat BMT terlebih dahulu, guna untuk memasarkan produk-produk yang
dimiliki oleh BMT UGT Sidogiri serta memperkenalkan BMT kepada masyarakat.
Selain itu, BMT UGT Sidogiri menggunakan strategi promosi dengan cara
mempromosikan tabungan terlebih dahulu, jadi setelah dana masuk baru BMT
mempromosikan pembiayaan tersebut. Selain itu, BMT mempromosikan
produknya melalui media sosial seperti wa, facebook, dan telegram, serta BMT
mempunyai aplikasi yang bernama mobile UGT yang dapat diketahui oleh anggota
dengan banyak terdapat fitur-fitur lengkap yang terdapat di aplikasi mobile UGT
tersebut. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing utama : Dr. Agung Budi Sulistiyo, S.E., M.Si, Ak.
Dosen Pembimbing anggota : N. Ari Subagio, S.E., M.Si. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ekonomi dan Bisnis | en_US |
dc.subject | Strategi Promosi | en_US |
dc.subject | Pembiayaan Pertanian | en_US |
dc.subject | Baitul Maal Wat Tamwil | en_US |
dc.subject | Keuangan Syariah | en_US |
dc.title | Strategi Promosi Produk Pembiayaan UGT Modal Pertanian Barokah pada BMT UGT Sidogiri Dadapan Bondowoso | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Ekonomi Syariah | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Agung Budi Sulistiyo, S.E., M.Si, Ak. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | N. Ari Subagio, S.E., M.Si. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_oktober_2023_13 | en_US |