Pengukuran Kepuasan Pelanggan Berdasarkan Kualitas Produk Harga dan Citra Merek pada Produk Skincare Korea di Indonesia
Abstract
Masyarakat saat ini mulai menyadari betapa pentingnya merawat
kesehatan kulit mereka. Hal ini dapat dilihat dari semakin meningkatnya
kebutuhan masyarakat terhadap produk skincare atau produk perawatan
kulit. Berdasarkan observasi yang dilakukan dapat diketahui bahwa
skincare Korea banyak dipilih publik dibandingkan negara lain. Hal ini
karena skincare Korea memliki beberapa keunggulan diantaranya:
skincare Korea memiliki kemasan yang unik, banyak pilihan untuk
semua jenis kulit, menggunakan bahan-bahan yang alami, memiliki
banyak jenis yang sesuai kebutuhan dan yang paling menarik masyarakat
Indonesia adalah menggunakan artis K-pop sebagai model dimana
masyarakat Indonesia saat ini tergila-gila dengan K-pop. Harga sebuah
produk dan jasa merupakan hal yang sangat penting dan sangat
diperhatikan oleh konsumen. Konsumen akan memilih produk yang
sesuai antara harga dan kualitas.
Penelitian ini dilakukan guna menganalisis Pengukuran
Kepuasan Pelanggan Berdasarkan Kualitas Produk Harga Dan Citra
Merek Pada Produk Skincare Korea Di Indonesia. Berdasarkan penelitian
yang telah dilakukan mengenai Pengukuran Kepuasan Pelanggan
berdasarkan Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek pada produk
skincare Korea di Indonesia dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada
produk skincare Korea di Indonesia. Semakin tinggi Kualitas Produk
maka Kepuasan Pelanggan juga mengalami peningkatan. Sebaliknya
ketika Kualitas Produk mengalami penurunan maka Kepuasan Pelanggan
juga akan mengalami penurunan. Terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada produk skincare
Korea di Indonesia. Semakin tinggi Harga justru Kepuasan Pelanggan
juga akan mengalami peningkatan. Terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan pada produk
skincare Korea di Indonesia. Semakin tinggi citra merek maka kepuasan
pelanggan juga akan mengalami peningkatan. Sebaliknya ketika citra
merek mengalami penurunan maka kepuasan pelanggan juga mengalami
penurunan.