Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP pada Masalah Numerasi Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Berdasarkan Tahap IDEAL
Abstract
Masalah matematika saling berkaitan dengan kemampuan untuk
memecahkan masalah. Kemampuan pemecahan masalah berkaitan dengan
kemampuan numerasi, karena numerasi diperlukan untuk memecahkan masalah.
Kemampuan numerasi siswa di Indonesia dapat diukur melalui Asesmen
Kompetensi Minimum (AKM). Salah satu topik dari AKM yaitu numerasi yang
memuat beberapa konten salah satunya geometri yaitu Teorema Pythagoras. Tahap
pemecahan masalah matematika salah satunya adalah IDEAL. IDEAL terdiri dari
lima tahap yaitu identifikasi masalah, menentukan tujuan sesuai dengan masalah,
menggali strategi yang akan digunakan, melaksanakan strategi dan melihat kembali
serta mengevaluasi hasil yang didapatkan.
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam
menyelesaikan masalah matematika pada masalah numerasi berdasarkan tahap
IDEAL. Deskriptif kualitatif merupakan jenis penelitian yang dilakukan pada
penelitian ini. Lokasi penelitian ini yaitu MTs Negeri 1 Jember. Metode yang
digunakan pada penelitian ini, yaitu tes masalah numerasi teorema Pythagoras dan
wawancara. Subjek pada penelitian ini adalah tiga orang siswa kelas VIII Bina
Prestasi matematika. Hasil analisis data yang didapatkan pada penelitian ini, yaitu
siswa yang memiliki kemampuan tinggi, yaitu NTA berhasil memecahkan
permasalahan dengan benar dan melakukan semua tahap IDEAL dengan tepat,
siswa dengan kemampuan sedang, yaitu SAI cenderung kurang teliti untuk
memecahkan permasalahan dan tidak melakukan tahap memeriksa kembali serta
mengevaluasi hasil dan siswa dengan kemampuan rendah, yaitu LAA mengalami
kesulitan ketika memecahkan permasalahan dan hanya melakukan 2 tahap IDEAL
yaitu identifikasi masalah dan menentukan tujuan.