Show simple item record

dc.contributor.authorDAMAYANTI, Shindi Ludviana
dc.date.accessioned2023-11-10T03:07:23Z
dc.date.available2023-11-10T03:07:23Z
dc.date.issued2023-07-22
dc.identifier.nim190210101086en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118691
dc.description.abstractMasalah matematika saling berkaitan dengan kemampuan untuk memecahkan masalah. Kemampuan pemecahan masalah berkaitan dengan kemampuan numerasi, karena numerasi diperlukan untuk memecahkan masalah. Kemampuan numerasi siswa di Indonesia dapat diukur melalui Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Salah satu topik dari AKM yaitu numerasi yang memuat beberapa konten salah satunya geometri yaitu Teorema Pythagoras. Tahap pemecahan masalah matematika salah satunya adalah IDEAL. IDEAL terdiri dari lima tahap yaitu identifikasi masalah, menentukan tujuan sesuai dengan masalah, menggali strategi yang akan digunakan, melaksanakan strategi dan melihat kembali serta mengevaluasi hasil yang didapatkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada masalah numerasi berdasarkan tahap IDEAL. Deskriptif kualitatif merupakan jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini. Lokasi penelitian ini yaitu MTs Negeri 1 Jember. Metode yang digunakan pada penelitian ini, yaitu tes masalah numerasi teorema Pythagoras dan wawancara. Subjek pada penelitian ini adalah tiga orang siswa kelas VIII Bina Prestasi matematika. Hasil analisis data yang didapatkan pada penelitian ini, yaitu siswa yang memiliki kemampuan tinggi, yaitu NTA berhasil memecahkan permasalahan dengan benar dan melakukan semua tahap IDEAL dengan tepat, siswa dengan kemampuan sedang, yaitu SAI cenderung kurang teliti untuk memecahkan permasalahan dan tidak melakukan tahap memeriksa kembali serta mengevaluasi hasil dan siswa dengan kemampuan rendah, yaitu LAA mengalami kesulitan ketika memecahkan permasalahan dan hanya melakukan 2 tahap IDEAL yaitu identifikasi masalah dan menentukan tujuan.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Drs. Toto Bara Setiawan, M.Si. Dosen Pembimbing Anggota : Reza Ambarwati, M.Pd., M.Scen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKemampuan Pemecahan Masalah Matematikaen_US
dc.subjectMasalah Numerasien_US
dc.subjectAsesmen Kompetensi Minimum (AKM)en_US
dc.titleKemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP pada Masalah Numerasi Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Berdasarkan Tahap IDEALen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Toto Bara Setiawan, M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Reza Ambarwati, M.Pd., M.Sc.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 6 November 2023en_US
dc.identifier.finalizationTeddyen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record