Evaluasi Kualitas Layanan Nusantara Online System (NOS) PTPN XI Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analisis (IPA) :Studi Kasus Pabrik Gula Prajekan Bondowoso
Abstract
Penggunaan komputer dalam pengolahan data telah memberikan manfaat besar bagi bisnis, dan Sistem
Informasi Sumber Daya Manusia (HRIS) memainkan peran penting dalam mengoptimalkan penggunaan
komputer untuk proses HR. PT Perkebunan Nusantara XI mengoperasikan berbagai pabrik, termasuk
Pabrik Gula Prajekan Bondowoso. Selama pandemi, PG Prajekan memanfaatkan website Nusantara
Online System (NOS) yang memiliki berbagai fitur. Namun, ada kurangnya pemahaman antara
pengembang dan pengguna terkait kualitas sistem dan penentuan bagian yang membutuhkan perbaikan
dan pengembangan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menilai kepuasan pengguna dan
mengidentifikasi bagian yang perlu diperbaiki menggunakan metode WebQual 4.0 dan Importance
Performance Analysis (IPA). Penelitian ini melibatkan 75 responden sampel yang mewakili 300
karyawan dengan nomor identifikasi. Temuan penelitian menunjukkan nilai rata-rata Indeks WebQual
sebesar 0,84 sehingga dapat disimpulkan kualitas website dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Selain
itu, ditemukan 1 atribut yang berada di kuadran 1 dengan kinerja rendah dan memperoleh nilai
kesenjangan negatif sebesar -0,24 dalam Analisis Kinerja dan Kepentingan yaitu USA4. Oleh karena itu,
perbaikan dan peningkatan antarmuka website diperlukan untuk meningkatkan pengalaman pengguna
dan kemudahan operasi.