Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Tema Panas dan Perpindahannya Kelas V SD Hidayatul Murid FullDay Wuluhan Jember
Abstract
Pendidikan abad ke 21 mengharuskan siswa untuk memiliki berbagai macam keterampilan salah satu keterampilan yang harus dikuasai yaitu kemampuan literasi sains, namun fakta yang ada dilapangan bahwa tercatat kemampuan literasi sains siswa masih dalam kategori rendah hal ini telah diukur melalui tes PISA. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan literasi sains siswa indonesia yaitu pemilihan model pembelajaran yang belum mengarah pada kemampuan literasi sains. Model pebelajaran yang dapat digunkan oleh pendidik untuk mengasah kemampuan literasi sains yaitu model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains siswa pada tema panas dan perpindahannya kelas V SD Hidayatul Murid FullDay Wuluhan Jember. Metode penelitian yang digunakan merupakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen dengan pola Non-Equivalent Control Group. Dasar pengambilan keputusan mengunakan uji Independent Sample T-Test yang menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) terbuki dapat mempengaruhi kemampuan literasi siswa dengan nilai thitung > ttabel (3,168 > 1.677) dengan keefektifan relatif 34%, maka dari itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains siswa pada tema panas dan perpindahannya kelas V SD Hidayatul Murid FullDay Wuluhan Jember.