• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Tema Panas dan Perpindahannya Kelas V SD Hidayatul Murid FullDay Wuluhan Jember

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (1.805Mb)
    Date
    2023-06-23
    Author
    MUTMAINAH, Siti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan abad ke 21 mengharuskan siswa untuk memiliki berbagai macam keterampilan salah satu keterampilan yang harus dikuasai yaitu kemampuan literasi sains, namun fakta yang ada dilapangan bahwa tercatat kemampuan literasi sains siswa masih dalam kategori rendah hal ini telah diukur melalui tes PISA. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan literasi sains siswa indonesia yaitu pemilihan model pembelajaran yang belum mengarah pada kemampuan literasi sains. Model pebelajaran yang dapat digunkan oleh pendidik untuk mengasah kemampuan literasi sains yaitu model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains siswa pada tema panas dan perpindahannya kelas V SD Hidayatul Murid FullDay Wuluhan Jember. Metode penelitian yang digunakan merupakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen dengan pola Non-Equivalent Control Group. Dasar pengambilan keputusan mengunakan uji Independent Sample T-Test yang menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) terbuki dapat mempengaruhi kemampuan literasi siswa dengan nilai thitung > ttabel (3,168 > 1.677) dengan keefektifan relatif 34%, maka dari itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains siswa pada tema panas dan perpindahannya kelas V SD Hidayatul Murid FullDay Wuluhan Jember.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118638
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15456]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository