Show simple item record

dc.contributor.authorMUTMAINAH, Siti
dc.date.accessioned2023-11-07T07:24:22Z
dc.date.available2023-11-07T07:24:22Z
dc.date.issued2023-06-23
dc.identifier.nim190210204086en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118638
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 7 November 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractPendidikan abad ke 21 mengharuskan siswa untuk memiliki berbagai macam keterampilan salah satu keterampilan yang harus dikuasai yaitu kemampuan literasi sains, namun fakta yang ada dilapangan bahwa tercatat kemampuan literasi sains siswa masih dalam kategori rendah hal ini telah diukur melalui tes PISA. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan literasi sains siswa indonesia yaitu pemilihan model pembelajaran yang belum mengarah pada kemampuan literasi sains. Model pebelajaran yang dapat digunkan oleh pendidik untuk mengasah kemampuan literasi sains yaitu model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains siswa pada tema panas dan perpindahannya kelas V SD Hidayatul Murid FullDay Wuluhan Jember. Metode penelitian yang digunakan merupakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen dengan pola Non-Equivalent Control Group. Dasar pengambilan keputusan mengunakan uji Independent Sample T-Test yang menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) terbuki dapat mempengaruhi kemampuan literasi siswa dengan nilai thitung > ttabel (3,168 > 1.677) dengan keefektifan relatif 34%, maka dari itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains siswa pada tema panas dan perpindahannya kelas V SD Hidayatul Murid FullDay Wuluhan Jember.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing utama : Agustiningsih, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing anggota : Kendid Mahmudi, S.Pd., M.Pfisen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectLiterasi sainsen_US
dc.subjectProblem Based Learning (PBL)en_US
dc.subjectPendidikan abad ke 21en_US
dc.titlePengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Tema Panas dan Perpindahannya Kelas V SD Hidayatul Murid FullDay Wuluhan Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Agustiningsih, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Kendid Mahmudi, S.Pd., M.Pfisen_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Oktober_2023_11en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record