Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
Abstract
LKPD dalam penelitian ini dikembangkan dengan berbasis model Problem Based Learning (PBL). Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel untuk kelas X yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian model pengembangan Thiagarajan (Four-D Model) yang terdiri atas 4 tahap yaitu: (i) Tahap Pendefinisian, (ii) Tahap Perancangan (iii) Tahap Pengembangan, dan (iv) Tahap Penyebaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata hasil validasi (4,76 dari 5,00) berdasarkan hasil dari validator; LKPD memenuhi kriteria sangat baik dan dinyatakan praktis dengan skor (100%) berdasarkan hasil observasi aktivitas guru; dan LKPD memenuhi kriteria efektif berdasarkan hasil belajar peserta didik yang tuntas secara klasikal (75%), hasil observasi aktivitas peserta didik (92,67%), respon peserta didik positif.