Pengembangan LKPD Berbasis PjBL Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk Meningkatkan Kemampuan Visual Spasial
Abstract
Observasi yang dilakukan di SMA eLKISI diperoleh bahwa, pada saat
pembelajaran matematika hanya menggunakan buku modul yang diberi sekolah. Isi
dari modul matematika hanya ringkasan materi dan latihan soal. Berdasarkan hal
tersebut mengakibatkan kurangnya pemahaman konsep matematika peserta didik.
Perlu adanya inovasi dalam pembelajaran matematika untuk menciptakan suasana
belajar yang aktif dan bermakna sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Melihat hal tersebut maka dilakukan pengembangan Lembar kerja Peserta Didik
berbasis Project Based Learning pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk
meningkatkan kemampuan visual spasial.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and
Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model Thiagarajan
atau 4-D (Four D Model). Model pengembangan ini terdiri dari empat tahap yaitu
tahap pendefinisan, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Subjek
penelitian ini adalah 13 peserta didik kelas X SMA eLKISI. Instrumen yang dipakai
berupa soal tes, angket respon peserta didik, dan lembar validasi. Metode
pengumpulan data meliputi metode tes dan metode angket. Data pada penelitian ini
dianalisis dengan teknis analisis validasi untuk mengukur kevalidan Lembar Kerja
Peserta Didik serta instrumen penelitian, analisis respon peserta didik untuk
mengukur kepraktisan, dan analisis keefektifan diukur dengan tes kemampuan
visual spasial.
Hasil analisis validasi Lembar Kerja Peserta Didik diperoleh hasil cukup
valid dengan perolehan nilai (𝑉𝑎) sebesar 2,8; soal tes kemampuan visual spasial
dinyatakan cukup valid dengan nilai (𝑉𝑎) sebesar 2,8; angket respon peserta didik
dinyatakan cukup valid dengan nilai (𝑉𝑎) sebesar 2,9. Kepraktisan Lembar Kerja
Peserta Didik diperoleh dari angket respon peserta didik yang diperoleh rata-rata
presentase respon peserta didik sebesar 83%, sehingga dapat dinyatakan praktis.
Keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik diperoleh dari perolehan data skor N-gain
dengan perolehan nilai sebesar 0,78. Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Project
Based Learning yang telah memenuhi kriteria cukup valid, praktis, dan efektif
untuk meningkatkan kemampuan visual spasial peserta didik, sehingga Lembar
Kerja Peserta Didik dinyatakan memiliki kualitas yang baik dan dapat disebarkan
di sekolah serta diunggah di situs web blogger.