• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan LKPD Berbasis PjBL Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk Meningkatkan Kemampuan Visual Spasial

    Thumbnail
    View/Open
    (upRepository)Skripsi_Berliana Wahyu Annisaa.pdf (8.361Mb)
    Date
    2023-05-30
    Author
    ANNISAA, Berliana Wahyu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Observasi yang dilakukan di SMA eLKISI diperoleh bahwa, pada saat pembelajaran matematika hanya menggunakan buku modul yang diberi sekolah. Isi dari modul matematika hanya ringkasan materi dan latihan soal. Berdasarkan hal tersebut mengakibatkan kurangnya pemahaman konsep matematika peserta didik. Perlu adanya inovasi dalam pembelajaran matematika untuk menciptakan suasana belajar yang aktif dan bermakna sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Melihat hal tersebut maka dilakukan pengembangan Lembar kerja Peserta Didik berbasis Project Based Learning pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk meningkatkan kemampuan visual spasial. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model Thiagarajan atau 4-D (Four D Model). Model pengembangan ini terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisan, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Subjek penelitian ini adalah 13 peserta didik kelas X SMA eLKISI. Instrumen yang dipakai berupa soal tes, angket respon peserta didik, dan lembar validasi. Metode pengumpulan data meliputi metode tes dan metode angket. Data pada penelitian ini dianalisis dengan teknis analisis validasi untuk mengukur kevalidan Lembar Kerja Peserta Didik serta instrumen penelitian, analisis respon peserta didik untuk mengukur kepraktisan, dan analisis keefektifan diukur dengan tes kemampuan visual spasial. Hasil analisis validasi Lembar Kerja Peserta Didik diperoleh hasil cukup valid dengan perolehan nilai (𝑉𝑎) sebesar 2,8; soal tes kemampuan visual spasial dinyatakan cukup valid dengan nilai (𝑉𝑎) sebesar 2,8; angket respon peserta didik dinyatakan cukup valid dengan nilai (𝑉𝑎) sebesar 2,9. Kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik diperoleh dari angket respon peserta didik yang diperoleh rata-rata presentase respon peserta didik sebesar 83%, sehingga dapat dinyatakan praktis. Keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik diperoleh dari perolehan data skor N-gain dengan perolehan nilai sebesar 0,78. Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Project Based Learning yang telah memenuhi kriteria cukup valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan visual spasial peserta didik, sehingga Lembar Kerja Peserta Didik dinyatakan memiliki kualitas yang baik dan dapat disebarkan di sekolah serta diunggah di situs web blogger.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118519
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15272]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository