Show simple item record

dc.contributor.authorANNISAA, Berliana Wahyu
dc.date.accessioned2023-10-31T02:21:13Z
dc.date.available2023-10-31T02:21:13Z
dc.date.issued2023-05-30
dc.identifier.nim180210101129en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118519
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_oktober_2023_19en_US
dc.description.abstractObservasi yang dilakukan di SMA eLKISI diperoleh bahwa, pada saat pembelajaran matematika hanya menggunakan buku modul yang diberi sekolah. Isi dari modul matematika hanya ringkasan materi dan latihan soal. Berdasarkan hal tersebut mengakibatkan kurangnya pemahaman konsep matematika peserta didik. Perlu adanya inovasi dalam pembelajaran matematika untuk menciptakan suasana belajar yang aktif dan bermakna sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Melihat hal tersebut maka dilakukan pengembangan Lembar kerja Peserta Didik berbasis Project Based Learning pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk meningkatkan kemampuan visual spasial. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model Thiagarajan atau 4-D (Four D Model). Model pengembangan ini terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisan, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Subjek penelitian ini adalah 13 peserta didik kelas X SMA eLKISI. Instrumen yang dipakai berupa soal tes, angket respon peserta didik, dan lembar validasi. Metode pengumpulan data meliputi metode tes dan metode angket. Data pada penelitian ini dianalisis dengan teknis analisis validasi untuk mengukur kevalidan Lembar Kerja Peserta Didik serta instrumen penelitian, analisis respon peserta didik untuk mengukur kepraktisan, dan analisis keefektifan diukur dengan tes kemampuan visual spasial. Hasil analisis validasi Lembar Kerja Peserta Didik diperoleh hasil cukup valid dengan perolehan nilai (𝑉𝑎) sebesar 2,8; soal tes kemampuan visual spasial dinyatakan cukup valid dengan nilai (𝑉𝑎) sebesar 2,8; angket respon peserta didik dinyatakan cukup valid dengan nilai (𝑉𝑎) sebesar 2,9. Kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik diperoleh dari angket respon peserta didik yang diperoleh rata-rata presentase respon peserta didik sebesar 83%, sehingga dapat dinyatakan praktis. Keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik diperoleh dari perolehan data skor N-gain dengan perolehan nilai sebesar 0,78. Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Project Based Learning yang telah memenuhi kriteria cukup valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan visual spasial peserta didik, sehingga Lembar Kerja Peserta Didik dinyatakan memiliki kualitas yang baik dan dapat disebarkan di sekolah serta diunggah di situs web blogger.en_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. Sunardi, M.Pd. ; Dr. Erfan Yudianto, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectModel Pengembangan 4Den_US
dc.subjectLembar Kerja Peserta Didiken_US
dc.subjectProject Based Learningen_US
dc.subjectBangun Ruang Sisi Lengkungen_US
dc.subjectKemampuan Visual Spasialen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.titlePengembangan LKPD Berbasis PjBL Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk Meningkatkan Kemampuan Visual Spasialen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Sunardi, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Erfan Yudianto, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_oktober_2023_19en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2023_10_tanggal 31en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record