• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perlindungan Konsumen Terhadap Makanan Restoran Siap Saji yang Tidak Memenuhi Standar Kesehatan Makanan

    Thumbnail
    View/Open
    REPOSITORY TIARA PRISCILLA-190710101183.pdf (944.0Kb)
    Date
    2023-05-22
    Author
    PRISCILLA, Tiara
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah mengkaji standardisasi makanan restoran siap saji di Indonesia yang tidak memenuhi standar kesehatan makanan sebagai tanggung jawab Pelaku usaha dalam penyajian makanan restoran siap saji serta penyelesaian sengketa atas kerugian yang dialami oleh konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dengan pendekatan peraturan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Hasil penelitian menunjukkan belum adanya pengaturan khusus terkait standardisasi makanan restoran siap saji di Indonesia. Tanggung jawab Pelaku usaha didasarkan pada Pasal 86 ayat (2), Pasal 94 ayat (1) dan ayat (2) Undang-undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, Pasal 19 Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dan Pasal 1365 KUHPerdata bahwa Pelaku usaha wajib bertanggung jawab dan pemenuhan hak konsumen dalam mendapatkan pengembalian seperti semula. Penyelesaian sengketa atas kerugian yang dialami oleh konsumen pada prinsipnya dapat dimintakan secara langsung. Akan tetapi, apabila Pelaku usaha menolak atau mengabaikan, maka sesuai Pasal 45 ayat (1) dan (2) Undang-undang Nomor 9 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, konsumen dapat mengajukan upaya penyelesaian sengketa diluar pengadilan (melalui BPSK, arbitrase, konsilitasi atau mediasi) maupun melalui pengadilan sesuai Pasal 48 Undnag-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (berpedoman pada ketentuan Peradilan umum HIR dan RBg) berdasarkan pilihan sukarela para pihak di wilayah kedudukan konsumen.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118510
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6332]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository