Pengaruh Perceived usefulness, Perceived ease of use, dan Perceived enjoyment Terhadap Intention to use Pengguna E-Wallet OVO Pada Generasi-Z
Abstract
Perkembangan transaksi secara online berkembang secara pesat di Indonesia.
Terlebih lagi adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan transaksi secara online.
Ini mengakibatkan banyaknya inovasi baru dari transaksi online, salah satunya adalah
e-wallet. Perkembangan e-wallet sangat cepat dan luas. Tercatat kurang lebih 38
perusahaan e-wallet terdaftar dan mendapat izin dari Bank Indonesia. Salah satu yang
sedang di gandrungi anak muda adalah OVO. Persaingan antara e-wallet yang sangat
ketat, mengakibatkan OVO harus meningkatkan inovasi agar mendapat perhatian dari
masyarakat. Karena masyarakat menggunakan suatu aplikasi karena manfaat,
kemudahan penggunaannya, dan juga kenyamanan dalam menggunakan aplikasi
tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara signifikan
Perceived usefulness, perceived ease of use, dan perceived enjoyment. Metode
penelitian yang dipakai pada penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif.
Responden yang ditentukan adalah 197 anak muda kalangan gen-z dengan
menggunakan simple random sampling. Pemrosesan data memakai analisis linear
berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 23. Hasil penelitian ini
menunjukkan adanya pengaruh secara signifikan antara variabel Perceived ease of
use, dan perceived enjoyment dengan intention to use. Sedangkan variabel Perceived
usefulness tidak berpengaruh secara signifikan terhadap intention to use.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Comparison of Intention to Transact Use E-Commerce Reviewed from Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Risk and Attitute Toward Use (Survey of Students in Jember)
PUTRA, Ihrom Caesar Ananta; KUSTONO, Alwan Sri; MIQDAD, Muhammad (International Journal of Zambrut, 2019-05-01)This study aims to examine the influence of perceived usefulness, perceived ease of use, perceived risk and attitude toward use on intention to transact on 5 ecommerce models. This research is a descriptive and comparative ... -
Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, dan Perceived Enjoyment Terhadap Intention To Use Pengguna E-Wallet Ovo pada Generasi Z
RIADI, Mahendra Rizki (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 2023-06-20)Perkembangan transaksi secara online berkembang secara pesat di Indonesia. Terlebih lagi adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan transaksi secara online. Ini mengakibatkan banyaknya inovasi baru dari transaksi online, ... -
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERCEIVED VALUE DAN KEPUASAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PERCEIVED IMAGE DAN LOYALITAS PELANGGAN TEGANGAN MENENGAH PT PLN (Persero) APJ BEKASI
Mohammad Shodiq (2014-01-25)By observing specified customers of PT PLN (Persero) APJ Bekasi as a research object, this research determine several purposes, as follows : 1). Analyse the direct influence of service quality to Perceived value 2) ...