Pengaruh Pembelajaran PBL Berbantuan Media PHET Simulation terhadap Penguasaan Konsep dan Aktivitas Belajar Siswa
Abstract
Fisika merupakan suatu bidang keilmuan yang mempelajari gejala,
peristiwa atau fenomena alam. Fisika menjadi mata pelajaran yang kurang diminati
oleh siswa. Berdasarkan pengamatan pada saat PLP (Pengenalan Lapangan
Persekolahan) di SMA Rambipuji dalam kurun waktu 1 bulan 15 hari, didapatkan
bahwa siswa cenderung pasif saat pembelajaran fisika berlangsung. Siswa ada yang
sibuk dengan ponselnya atau bahkan tidak bisa berkonsentrasi untuk mendengarkan
penjelasan guru karena mengantuk.
Jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian posttest only control
group. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri Rambipuji. Sampel Penelitian kelas
X Ipa 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Ipa 2 sebagai kelas kontrol.
Pengumpulan data Penguasaan konsep dengan pemberian soal tes objektif
sedangkan data aktivitas belajar dengan pengamatan secara langsung oleh observer.
Skor rata-rata penguasaan konsep kelas eksperimen 80,35 sedangkan kelas
kontrol diperoleh skor 76,48. Hal ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang
signifikan antara penguasaan konsep kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai ratarata kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol.
Sedangkan skor rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol
yaitu 78,37 dan 72,62. Skor rata-rata kelas eskperimen lebih baik dibandingkan
dengan kelas kontrol berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Ada
pengaruh signifikan model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan
media PHET Simulation terhadap penguasaan konsep fisika siswa di SMA. 2) Ada
pengaruh signifikan model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan
media PHET Simulation terhadap aktivitas belajar siswa di SMA