Show simple item record

dc.contributor.authorRAHAYU, Ani Puji
dc.date.accessioned2023-10-24T05:57:36Z
dc.date.available2023-10-24T05:57:36Z
dc.date.issued2023-06-19
dc.identifier.nim180210102108en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118452
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 24 Oktober 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractFisika merupakan suatu bidang keilmuan yang mempelajari gejala, peristiwa atau fenomena alam. Fisika menjadi mata pelajaran yang kurang diminati oleh siswa. Berdasarkan pengamatan pada saat PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan) di SMA Rambipuji dalam kurun waktu 1 bulan 15 hari, didapatkan bahwa siswa cenderung pasif saat pembelajaran fisika berlangsung. Siswa ada yang sibuk dengan ponselnya atau bahkan tidak bisa berkonsentrasi untuk mendengarkan penjelasan guru karena mengantuk. Jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian posttest only control group. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri Rambipuji. Sampel Penelitian kelas X Ipa 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Ipa 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data Penguasaan konsep dengan pemberian soal tes objektif sedangkan data aktivitas belajar dengan pengamatan secara langsung oleh observer. Skor rata-rata penguasaan konsep kelas eksperimen 80,35 sedangkan kelas kontrol diperoleh skor 76,48. Hal ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara penguasaan konsep kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai ratarata kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol. Sedangkan skor rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 78,37 dan 72,62. Skor rata-rata kelas eskperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh signifikan model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media PHET Simulation terhadap penguasaan konsep fisika siswa di SMA. 2) Ada pengaruh signifikan model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media PHET Simulation terhadap aktivitas belajar siswa di SMAen_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dr. Singgih Bektiarso, M.Pd Dosen Pembimbing Anggota : Drs. Albertus Djoko Lesmono, M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPembelajaran PBLen_US
dc.subjectBerbantuan Media PhET Simulationen_US
dc.subjectPenguasaan Konsepen_US
dc.titlePengaruh Pembelajaran PBL Berbantuan Media PHET Simulation terhadap Penguasaan Konsep dan Aktivitas Belajar Siswaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Singgih Bektiarso,M.Pd.,M.C.Een_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Albertus Djoko Lesmono,M.Sien_US
dc.identifier.validatorKacung- 2 Oktober 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record