Implementasi Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan pada PT. Sembilan Bintang Lestari Jember
Abstract
PT Sembilan Bintang Lestari adalah perusahaan yang bergerak dibidang industri
Properti. Properti sendiri dari waktu ke waktu sudah mengalami perkembangan yang
sangat pesat, apalagi di era modern saat ini, banyak anak muda yang lebih memilih untuk
tinggal dikawasan kota dengan alasan untuk memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan
hidup. Hal ini menjadikan persaingan para pelaku bisnis properti sangat ketat, sebab
semua para pelaku bisnis properti sangat ingin menguasai persaingan pada pasar.
Dalam perkembangan dunia bisnis atau dunia usaha pasti akan mengalami adanya
persaingan. Oleh karena itu para pelaku usaha harus mampu bersaing agar usahanya tetap
berjalan hidup dan dapat terus berkembang dengan baik. Para pelaku usaha harus mampu
memberikan terobosan-terobosan agar mampu memenangkan persaingan pada pasar.
Persaingan perusahaan saat ini datang dari segala arah baik itu perusahaan domestic,
regional, maupun global, seiring dengan derasnya arus perdagangan bebas. Dengan
demikian, maka setiap perusahaan membutuhkan strategi pemasaran yang tepat agar
mampu menghadapi persaingan pada pasar agar dapat mencapai tujuan perusahaan.
Strategi pemasaran dibutuhkan sebagai langkah awal untuk dapat mencapai target dari
tujuan perusahaan. Setelah menentukan strategi pemasaran, seorang pengusaha harus
berani melangkah keruang lingkup yang lebih luas dengan cara melakukan implementasi
pemasaran. Implementasi memiliki makna pelaksanaan atau penerapan, hal ini berkaitan
dengan suatu perusahaan untuk bisa mencapai target pasar dari perusahaan. Implementasi
Pemasaran adalah proses perencanaan menjadi tindakan pemasaran yang dilakukan
dengan tujuan agar dapat mencapai tujuan perusahaan. Implementasi mencakup aktivitas
sehari hari yang secara efektif melaksanakan rencana pemasaran. Agar implementasi
strategi pemasaran berjalan dengan baik maka perusahaan harus melakukan penelitian
pasar baik langsung maupun tidak langsung PT Sembilan Bintang Lestari melakukan berbagai Implementasi Strategi Pemasaran,
diantaranya adalah dengan melakukan strategi pemasaran melalui media sosial. Media
sosial menjadi sarana perantara antara produsen dan juga konsumen, sebab para
konsumen saat ini cenderung mencari berbagai informasi melalui media sosial. Media
sosial juga dijadikan sebagai objek survei bagi PT Sembilan Bintang Lestari untuk dapat
mengetahui sejauh mana para konsumen merespon apa yang sedang ditawarkan oleh PT
Sembilan Bintang Lestari. Perusahaan akan lebih mengerti apakah strategi mereka
berjalan sesuai dengan tujuan dari perusahaan atau tidak. Dalam media sosial perusahaan
dan konsumen dapat melakukan komunikasi secara tidak langsung, hal tersebut dapat
terjadi ketika konsumen ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai barang yang
sedang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.
Selain media sosial, PT Sembilan Bintang Lestari juga melakukan implementasi
strategi pemasaran dengan melakukan canvassing. Canvassing adalah serangkaian
aktivitas seseorang yang terencana untuk menawarkan, dan mencari pesanan produk.
Metode canvassing juga melibatkan pengumpulan data mengenai informasi target pasar,
seperti halnya melakukan kunjungan ke tempat tempat yang dianggap potensial untuk
memperkenalkan produk dan mendorong melakukan pembelian.
Dengan demikian menunjukkan bahwa PT Sembilan Bintang Lestari benar-benar
serius dalam melakukan Implementasi Strategi Pemasaran dengan tujuan tercapainya
tingkat penjualan perusahaan yang menjadi target dari PT Sembilan Bintang Lestari.