• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII-G SMP Negeri 1 Kencong

    Thumbnail
    View/Open
    REPOSITORY SKRIPSI MAYA.pdf (668.7Kb)
    Date
    2023-07-10
    Author
    PUTRI, Maya Iskina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menulis merupakan kemampuan berbahasa yang harus dikuasai siswa setelah menyimak, berbicara, dan membaca. Menulis dikatakan penting karena dengan menulis dapat menjadi penemu atau pemecah masalah bukan sekadar menjadi penyadap informasi dari orang lain. Melalui menulis seseorang mampu mengenali potensi yang dimilikinya. Salah satu keterampilan menulis yang diajarkan di sekolah adalah menulis teks deskripsi. Menulis teks deskripsi di tingkat SMP diajarkan pada siswa kelas VII Semester I dengan Kompetensi Dasar (KD) 4.2 yang berbunyi “Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan secara lisan dan tulis”. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimana kemampuan siswa dalam menjelaskan objek pada teks deskripsi, (2) bagaimana kemampuan siswa dalam membangun struktur teks deskripsi, (3) bagaiamana kemampuan siswa dalam penggunaan bahasa pada teks deskripsi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Data dalam penelitian ini berupa hasil uji kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII-G SMP Negeri 1 Kencong yang teridiri dari satu kelas yang berjumlah 35 orang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Instrumen penelitiannya berupa; lembar soal siswa, tabel kriteria penilaian siswa, dan tabel penilaian hasil belajar siswa. Prosedur penelitian terdiri dari atas tiga tahap yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian. Hasil penelitian sebagai berikut. Kemampuan dalam menjelaskan objek rata-rata keseluruhan 87,71. Sebanyak 28 orang mendapatkan skor kemampuan kategari sangat mampu, 4 orang mendapatkan skor kemampuan kategori mampu, 2 orang mendapatkan skor kategroi kurang mampu, dan 1 orang mendapatkan kategori tidak mampu. Kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII-G SMP Negeri 1 Kencong dalam membangun struktur masuk dalam kategori mampu dengan rata-rata keseluruhan 84,11. Sebanyak 15 orang mendapatkan skor kemampuan kategori sangat mampu, 16 orang mendapatkan skor kemampuan kategori mampu, 4 orang mendapatkan skor kemampuan kategori kurang mampu, dan tidak ada yang mendapatkan skor kemampuan kategori tidak mampu. Kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII-G SMP Negeri 1 Kencong pada aspek penggunaan bahasa masuk ke dalam kategori mampu dengan rata-rata keseluaruhan 80,8. Sebanyak 7 orang mendapatkan skor kemampuan kategori sangat mampu, 25 orang mendapatkan skor kemampuan kategori mampu, dan 3 orang mendapatkan skor kemampuan kategori tidak mampu. Berdasarkan hasil pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa menulis teks deskripsi dipengaruhi oleh aktivitas siswa pada saat pembelajaran memproduksi teks deskripsi. Oleh karena itu, rata-rata kemampuan siswa keseluruhan mendapatkan kategori mampu. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini bagi Bagi guru Bahasa Indonesia sebaiknya guru lebih memperhatikan kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi pada aspek penggunaan bahasa serta guru seharusnya melakukan perbaikan pada teks deskripsi siswa. Bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya penelitian yang dilakukan selanjutnya ialah meneliti mengenai kata, ejaan, dan kalimat karena masih ditemukan banyak kesalahan yang dibuat oleh siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118415
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15507]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository