dc.contributor.author | PUTRI, Maya Iskina | |
dc.date.accessioned | 2023-10-23T08:28:53Z | |
dc.date.available | 2023-10-23T08:28:53Z | |
dc.date.issued | 2023-07-10 | |
dc.identifier.nim | 180210402060 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118415 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 23 Oktober 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Menulis merupakan kemampuan berbahasa yang harus dikuasai siswa
setelah menyimak, berbicara, dan membaca. Menulis dikatakan penting karena
dengan menulis dapat menjadi penemu atau pemecah masalah bukan sekadar
menjadi penyadap informasi dari orang lain. Melalui menulis seseorang mampu
mengenali potensi yang dimilikinya. Salah satu keterampilan menulis yang
diajarkan di sekolah adalah menulis teks deskripsi. Menulis teks deskripsi di
tingkat SMP diajarkan pada siswa kelas VII Semester I dengan Kompetensi Dasar
(KD) 4.2 yang berbunyi “Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks
deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan suasana
pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur,
kebahasaan secara lisan dan tulis”. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah
(1) bagaimana kemampuan siswa dalam menjelaskan objek pada teks deskripsi,
(2) bagaimana kemampuan siswa dalam membangun struktur teks deskripsi, (3)
bagaiamana kemampuan siswa dalam penggunaan bahasa pada teks deskripsi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif.
Data dalam penelitian ini berupa hasil uji kemampuan menulis teks deskripsi
siswa kelas VII-G SMP Negeri 1 Kencong yang teridiri dari satu kelas yang
berjumlah 35 orang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan
dokumentasi. Instrumen penelitiannya berupa; lembar soal siswa, tabel kriteria
penilaian siswa, dan tabel penilaian hasil belajar siswa. Prosedur penelitian terdiri
dari atas tiga tahap yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap
penyelesaian. Hasil penelitian sebagai berikut. Kemampuan dalam menjelaskan
objek rata-rata keseluruhan 87,71. Sebanyak 28 orang mendapatkan skor
kemampuan kategari sangat mampu, 4 orang mendapatkan skor kemampuan
kategori mampu, 2 orang mendapatkan skor kategroi kurang mampu, dan 1 orang
mendapatkan kategori tidak mampu. Kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII-G SMP Negeri 1 Kencong dalam membangun struktur masuk dalam
kategori mampu dengan rata-rata keseluruhan 84,11. Sebanyak 15 orang
mendapatkan skor kemampuan kategori sangat mampu, 16 orang mendapatkan
skor kemampuan kategori mampu, 4 orang mendapatkan skor kemampuan
kategori kurang mampu, dan tidak ada yang mendapatkan skor kemampuan
kategori tidak mampu. Kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII-G
SMP Negeri 1 Kencong pada aspek penggunaan bahasa masuk ke dalam kategori
mampu dengan rata-rata keseluaruhan 80,8. Sebanyak 7 orang mendapatkan skor
kemampuan kategori sangat mampu, 25 orang mendapatkan skor kemampuan
kategori mampu, dan 3 orang mendapatkan skor kemampuan kategori tidak
mampu.
Berdasarkan hasil pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa
kemampuan siswa menulis teks deskripsi dipengaruhi oleh aktivitas siswa pada
saat pembelajaran memproduksi teks deskripsi. Oleh karena itu, rata-rata
kemampuan siswa keseluruhan mendapatkan kategori mampu. Saran yang dapat
diberikan dari penelitian ini bagi Bagi guru Bahasa Indonesia sebaiknya guru
lebih memperhatikan kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi pada aspek
penggunaan bahasa serta guru seharusnya melakukan perbaikan pada teks
deskripsi siswa. Bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya penelitian yang dilakukan
selanjutnya ialah meneliti mengenai kata, ejaan, dan kalimat karena masih
ditemukan banyak kesalahan yang dibuat oleh siswa. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama: Dr. Arju Mutiah, M.Pd.,
Dosen Pembimbing Anggota: Bambang Edi Pornomo, S.Pd., M.Pd., | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Kemampuan Menulis Teks Deskripsi | en_US |
dc.subject | Siswa Kelas VII-G SMP Negeri 1 Kencong | en_US |
dc.subject | Kabupaten Jember | en_US |
dc.title | Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII-G SMP Negeri 1 Kencong | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Arju Muti'ah, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Bambang Edi Pornomo, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 21 Agustus 2023 | en_US |