Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Cooperative Learning pada Siswa Kelas X SMAN 2 Tanggul Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023
Abstract
Pendidikan suatu persoalan yang penting untuk keberlangsungan hidup
insan manusia. Pendidikan juga sebagai sarana untuk membangun dan
mengembangkan potensi diri yang dimiliki manusia. Memasuki era revolusi di abad
21 ini telah melahirkan banyak model dan metode dalam dunia pendidikan
termasuk dalam cara belajar. Pembelajaran abad 21 guru diharuskan menciptakan
kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, mendukung penguatan pendidikan
karakter, dan penguatan keterampian 4C (Communication, Collaboration, Critical
Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Inovation).
Guru diharuskan memiliki keterampilan pembelajaran yang berkaitan
penuh dalam penerapan model dan metode pembelajaran. Pada saat ini kurikulum
yang digunakan oleh sekolah adalah kurikulum merdeka. Sistem pembelajaran pada
kurikulum merdeka dinilai lebih fleksibel dan memiliki fokus kepada peserta didik
(student centered learning) serta memberikan keleluasaan bagi guru untuk
mengajar dan menggunakan model dan metode yang cocok dengan karakteristik
dan kebutuhan peserta didik. Berbagai model dalam pembelajaran bisa
diimplementasikan dalam pembelajaran, model pembelajaran problem based
learning (PBL) dan cooperative learning merupakan model pembelajaran yang
dapat diterapkan dalam kurikulum merdeka. Kedua model pembelajaran PBL dan
cooperative learning dapat diimplementasikan dalam pembelajaran serta
menambah keterampilan pendidik dalam menjalankan proses pembelajaran.
Peneliti menerapkan jenis penelitian quasi experiment dengan pendekatan
kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan 2 model pembelajaran dan 2 kelas. Kelas eksperimen
menggunakan model pembelajaran PBL dan kelas kontrol menggunakan model
pembelajaran cooperative learning. Pengambilan data penelitian diambil dari tes,
wawancara, observasi, dan dokumen pendukung. Peneliti menentukan subjek
penelitian menggunakan cara purposive sampling yang didapat dari hasil
wawancara dengan guru mata pelajaran. Lokasi yang ditentukan oleh peneliti yaitu
SMAN 2 Tanggul. Subjek penelitian yaitu kelas X-H dan X-I sebagai sampel
penelitian.
Dalam penelitian ini peneliti telah menguji instrumen-instrumen penelitian
berupa butir soal dan catatan lapang penegas dari jalannya penelitian. Dalam tes
terdapat 40 soal pilihan ganda dan 10 soal uraian yang terbagi menjadi 2 tes yaitu
pretest dan posttest (setiap tes berjumlah 20 soal pilihan ganda dan 10 soal uraian).
Seluruh soal tes dikerjakan oleh 2 kelas dengan jumlah setiap kelas 36 siswa.
Hasil uji validitas dan reliabilitas terhadap butir soal seluruh soal
memperoleh hasil valid dan reliabel terbukti dengan r hitung > r tabel. Besaran yang
diperoleh dari uji reliabel soal pilihan ganda yaitu 0,518 dan soal uraian 0,672
Adapun uji kesukaran yang dilakukan seluruh soal memperoleh hasil gampang.
Hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan hasil dari uji normalitas
menunjukan kelas kontrol memperoleh nilai signifikansi 0,216 (pretest) dan 0,166
(posttest). Pada kelas eksperimen memperoleh nilai signifikansi 0,155 (pretest) dan
0,0471 (posttest) dengan hasil seluruh data berdistribusi secara normal Berdasarkan
hasil analisis uji Independent samples t Test mendapat hasil 0,000 < 0,05 yang
berarti ada pengaruh signifikan atas perbedaan hasil belajar model pembelajaran
probem based learning (PBL) dan model pembelajaran cooperative learning. Data
didukung penuh dengan pengujian N-Gain ditunjukkan dengan nilai pada kelas
eksperimen memperoleh nilai 0,6495, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai
0,3223 hal ini menguatkan penelitian ini bahwa model problem based learning
mampu meningkatkan hasil belajar yang lebih baik.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
ROTE LEARNING AND MEANINGFUL LEARNING: A STUDY ON THE ENGLISH LANGUAGE LEARNING APPROACH OF THE STUDENTS OF 1998 ACADEMIC YEAR OF THE ENGLISH DEPARTMENT, FACULTY OF LETTERS, JEMBER UNIVERSITY
HABIBAH, YUHANIDZ NUR (2017-10-27)After analyzing the data of this thesis, it is necessary to make the conclusion of the whole thesis. As previously stated, this thesis discusses the approaches of learning that are used by the students of 1998 academy; ... -
Accelerated Learning Integrated by Discovery Learning in History Course: How Z Generation Learn
Safitri, Dyah Ayu; Umamah, Nurul; Sumardi, Sumardi (IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science 243 (2019) 012151, 2018-11-17)This research is motivated by the characteristics of middle school students who are dominated by generation Z. The purpose of this study is to find out the results of the development of the Accelerated Learning Integrated ... -
Development of Mathematical Learning Tools through Discovery Learning Based on Lesson Study for Learning Community and their Influence with Students’ Problem Solving
TARAWIKHI, A; HOBRI, Hobri; PRIHANDOKO, Antonius Cahya; UTOMO, B.T (IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1211 (2019) 012082, 2018-11-24)Problem solving ability is one of the competencies that students must have to face various complex problems. However, in realit y, the students’ problem solving ability is still low.Therefore, this research aimed at ...