• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Flipbook Modul Berbasis Engineering Design Process (EDP) untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA

    Thumbnail
    View/Open
    MUSTOFA_190210104089.pdf (2.330Mb)
    Date
    2023-01-17
    Author
    MUSTOFA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang memberikan siswa pengalaman secara langsung, sehingga dapat meningkatkatkan literasi sains. Literasi sains merupakan kunci yang tepat untuk melawan suatu tantangan abad ke 21, karena literasi sains dapat bermanfaat untuk menanggulangi masalah yang terdapat di lingkungan sekitar menggunakan cara dengan menghasilkan produk produk yang bermanfaat. Literasi sains ialah suatu kemampuan seseorang yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari melalui konsep sains dengan cara mengaplikasikannya, kemudian juga berguna untuk menjelaskan dan menggambarkan fenomena ilmiah menurut bukti-bukti ilmiah ilmiah yang ada. Jika dilihat secara garis besar literasi sains yang ada di negara indonesia masih tergolong sangat rendah, pemilihan sumber belajar merupakan salah satu alasan rendahnya literasi sains di indonesia. Sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni dengan mengembangkan flipbook modul berbasis engineering design process (EDP). Proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan flipbook modul berbasis engineering design process (EDP) dapat meningkatkan literasi sains dikarenakan siswa dapat menerapkan pengetahaun dalam konteks yang relevan, mengidentifkasi isu ilmiah, mejelaskan fenomena ilmiah dan menggunakan bukti ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan flipbook modul berbasis engineering design process (EDP) pada materi kalor dan perpindahannya untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang tahapannya terdiri dari (Preliminary research), tahap pembuatan prototipe (Prototyping stage), dan yang terakhir fase penilaian (Assessment phase).
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118374
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository