Show simple item record

dc.contributor.authorMUSTOFA
dc.date.accessioned2023-10-19T23:24:26Z
dc.date.available2023-10-19T23:24:26Z
dc.date.issued2023-01-17
dc.identifier.nim190210104089en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118374
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 20 Oktober 2023en_US
dc.description.abstractPembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang memberikan siswa pengalaman secara langsung, sehingga dapat meningkatkatkan literasi sains. Literasi sains merupakan kunci yang tepat untuk melawan suatu tantangan abad ke 21, karena literasi sains dapat bermanfaat untuk menanggulangi masalah yang terdapat di lingkungan sekitar menggunakan cara dengan menghasilkan produk produk yang bermanfaat. Literasi sains ialah suatu kemampuan seseorang yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari melalui konsep sains dengan cara mengaplikasikannya, kemudian juga berguna untuk menjelaskan dan menggambarkan fenomena ilmiah menurut bukti-bukti ilmiah ilmiah yang ada. Jika dilihat secara garis besar literasi sains yang ada di negara indonesia masih tergolong sangat rendah, pemilihan sumber belajar merupakan salah satu alasan rendahnya literasi sains di indonesia. Sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni dengan mengembangkan flipbook modul berbasis engineering design process (EDP). Proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan flipbook modul berbasis engineering design process (EDP) dapat meningkatkan literasi sains dikarenakan siswa dapat menerapkan pengetahaun dalam konteks yang relevan, mengidentifkasi isu ilmiah, mejelaskan fenomena ilmiah dan menggunakan bukti ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan flipbook modul berbasis engineering design process (EDP) pada materi kalor dan perpindahannya untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang tahapannya terdiri dari (Preliminary research), tahap pembuatan prototipe (Prototyping stage), dan yang terakhir fase penilaian (Assessment phase).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectFLIPBOOK MODULen_US
dc.subjectLITERASI SAINSen_US
dc.subjectENGINEERING DESIGN PROCESS (EDP)en_US
dc.titlePengembangan Flipbook Modul Berbasis Engineering Design Process (EDP) untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP dalam Pembelajaran IPAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiS1 Pendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Pramudya Aristya Dwi Putra, S.Pd., M.Pd., Ph.Den_US
dc.identifier.pembimbing2Zainur Rasyid Ridlo, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record