dc.contributor.author | MUSTOFA | |
dc.date.accessioned | 2023-10-19T23:24:26Z | |
dc.date.available | 2023-10-19T23:24:26Z | |
dc.date.issued | 2023-01-17 | |
dc.identifier.nim | 190210104089 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118374 | |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik Tgl 20 Oktober 2023 | en_US |
dc.description.abstract | Pembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang memberikan siswa
pengalaman secara langsung, sehingga dapat meningkatkatkan literasi sains.
Literasi sains merupakan kunci yang tepat untuk melawan suatu tantangan abad ke
21, karena literasi sains dapat bermanfaat untuk menanggulangi masalah yang
terdapat di lingkungan sekitar menggunakan cara dengan menghasilkan produk produk yang bermanfaat. Literasi sains ialah suatu kemampuan seseorang yang
digunakan dalam kehidupan sehari-hari melalui konsep sains dengan cara
mengaplikasikannya, kemudian juga berguna untuk menjelaskan dan
menggambarkan fenomena ilmiah menurut bukti-bukti ilmiah ilmiah yang ada. Jika
dilihat secara garis besar literasi sains yang ada di negara indonesia masih tergolong
sangat rendah, pemilihan sumber belajar merupakan salah satu alasan rendahnya
literasi sains di indonesia. Sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni
dengan mengembangkan flipbook modul berbasis engineering design process
(EDP). Proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan flipbook modul
berbasis engineering design process (EDP) dapat meningkatkan literasi sains
dikarenakan siswa dapat menerapkan pengetahaun dalam konteks yang relevan,
mengidentifkasi isu ilmiah, mejelaskan fenomena ilmiah dan menggunakan bukti
ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan
keefektifan flipbook modul berbasis engineering design process (EDP) pada materi
kalor dan perpindahannya untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model
Plomp yang tahapannya terdiri dari (Preliminary research), tahap pembuatan
prototipe (Prototyping stage), dan yang terakhir fase penilaian (Assessment phase). | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | FLIPBOOK MODUL | en_US |
dc.subject | LITERASI SAINS | en_US |
dc.subject | ENGINEERING DESIGN PROCESS (EDP) | en_US |
dc.title | Pengembangan Flipbook Modul Berbasis Engineering Design Process (EDP) untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | S1 Pendidikan IPA | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Pramudya Aristya Dwi Putra, S.Pd., M.Pd., Ph.D | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Zainur Rasyid Ridlo, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.identifier.validator | Taufik | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |