Pengaruh Buku Ajar Digital Berbasis STEM Pada Materi Bioteknologi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Pemecahan Masalah Biologi Siswa SMA di Kawasan Pertanian Industrial
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan buku ajar berbasis STEM pada materi bioteknologi terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah biologi bagi siswa SMA di Kawasan Pertanian Industrial serta mengetahui pengaruh penerapan buku ajar berbasis STEM pada materi bioteknologi terhadap keterampilan pemecahan masalah biologi bagi siswa SMA di Kawasan Pertanian Industrial. Wilayah tapal kuda yang meliputi Pasuruan, Probolinggo, Jember, dan sekitarnya didominasi dengan wilayah pertanian dan perkebunan yang menjadikan hal tersebut sebagai mata pencaharian utama masyarakat setempat. Kesenjangan ekonomi menimbulkan berbagai permasalahan pada lingkungan yang menuntut siswa untuk memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik. Buku ajar yang terintegerasi dengan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dapat menjadi alternatif pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperimen yang dilakuakn pada 74 siswa kelas XII MIPA SMAN 1 Dringu Kabupaten Probolinggo. Data didapatkan melalui kegiatan pretest dan postest untuk selanjutnya dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney. Keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen mengalami selisih peningkatan sebesar 17 setelah diberi perlakuan serta serta selisih peningkatan sebesar 12 pada tes keterampilan pemecahan masalah. Uji hipotesis yang dilakukan menggunakan uji Mann-Whitney mendapatkan hasil Sig. (2-tailed) untuk tes keterampilan berpikir kritis yaitu 0.002 dan tes keterampilan pemecahan masalah yaitu 0.000 dapat disimpulkan bahwa buku ajar berbasis STEM berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah siswa SMA kelas XII di Kawasan pertanian industrial. Rekomendasi yang dapat diberikan yaitu buku ajar bioteknologi berbasis STEM sebagai alternatif referensi bagi siswa dalam pembelajaran.