Show simple item record

dc.contributor.authorPUTRI, Zahra Alifa Aninda
dc.date.accessioned2023-10-16T08:42:26Z
dc.date.available2023-10-16T08:42:26Z
dc.date.issued2023-06-12
dc.identifier.nim190210103103en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118300
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 16 Oktober 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan buku ajar berbasis STEM pada materi bioteknologi terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah biologi bagi siswa SMA di Kawasan Pertanian Industrial serta mengetahui pengaruh penerapan buku ajar berbasis STEM pada materi bioteknologi terhadap keterampilan pemecahan masalah biologi bagi siswa SMA di Kawasan Pertanian Industrial. Wilayah tapal kuda yang meliputi Pasuruan, Probolinggo, Jember, dan sekitarnya didominasi dengan wilayah pertanian dan perkebunan yang menjadikan hal tersebut sebagai mata pencaharian utama masyarakat setempat. Kesenjangan ekonomi menimbulkan berbagai permasalahan pada lingkungan yang menuntut siswa untuk memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik. Buku ajar yang terintegerasi dengan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dapat menjadi alternatif pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperimen yang dilakuakn pada 74 siswa kelas XII MIPA SMAN 1 Dringu Kabupaten Probolinggo. Data didapatkan melalui kegiatan pretest dan postest untuk selanjutnya dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney. Keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen mengalami selisih peningkatan sebesar 17 setelah diberi perlakuan serta serta selisih peningkatan sebesar 12 pada tes keterampilan pemecahan masalah. Uji hipotesis yang dilakukan menggunakan uji Mann-Whitney mendapatkan hasil Sig. (2-tailed) untuk tes keterampilan berpikir kritis yaitu 0.002 dan tes keterampilan pemecahan masalah yaitu 0.000 dapat disimpulkan bahwa buku ajar berbasis STEM berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah siswa SMA kelas XII di Kawasan pertanian industrial. Rekomendasi yang dapat diberikan yaitu buku ajar bioteknologi berbasis STEM sebagai alternatif referensi bagi siswa dalam pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectSTEMen_US
dc.subjectPEMECAHAN MASALAHen_US
dc.subjectBERPIKIR KRISTISen_US
dc.subjectBUKU AJARen_US
dc.subjectPERTANIAN INDUSTRIALen_US
dc.titlePengaruh Buku Ajar Digital Berbasis STEM Pada Materi Bioteknologi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Pemecahan Masalah Biologi Siswa SMA di Kawasan Pertanian Industrialen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Biologien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Bea Hana Siswati, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Bevo Wahono, S.Pd., M.Pd., Ph. D.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_agustus_2023_18en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record