Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Learning dipadu Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa SMA di Daerah Perkebunan Kopi
Abstract
Karakteristik siswa yang tinggal di lingkungan sekolah dekat perkebunan
kopi memiliki kemandirian belajar rendah, sehingga perlu adanya kemandirian
belajar dibimbing oleh guru agar dapat menumbuhkan sikap ilmiah pada siswa.
Model pembelajaran Collaborative Learning dipadu Problem Solving merupakan
kombinasi antara dua pendekatan pembelajaran, yaitu pembelajaran kerja sama
dan pembelajaran berbasis masalah. Kedua model pembelajaran ini
memungkinkan untuk menciptakan lingkungan belajar kolaboratif.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi-eksperimen dengan
dua kelas sebagai perlakuan. Kelas eksperimen menggunakan model
Collaborative Learning dipadu Problem Solving, sedangkan kelas kontrol
menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan
materi yang sama pada kedua kelas. Penelitian ini dilakukan di SMAN Jenggawah
dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3.