Show simple item record

dc.contributor.authorHABIBAH, Ludfiahtul
dc.date.accessioned2023-10-15T23:05:45Z
dc.date.available2023-10-15T23:05:45Z
dc.date.issued2023-01-27
dc.identifier.nim180210103006en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118291
dc.descriptionFinishing oleh Taufik Tgl 16 Oktober 2023en_US
dc.description.abstractKarakteristik siswa yang tinggal di lingkungan sekolah dekat perkebunan kopi memiliki kemandirian belajar rendah, sehingga perlu adanya kemandirian belajar dibimbing oleh guru agar dapat menumbuhkan sikap ilmiah pada siswa. Model pembelajaran Collaborative Learning dipadu Problem Solving merupakan kombinasi antara dua pendekatan pembelajaran, yaitu pembelajaran kerja sama dan pembelajaran berbasis masalah. Kedua model pembelajaran ini memungkinkan untuk menciptakan lingkungan belajar kolaboratif.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi-eksperimen dengan dua kelas sebagai perlakuan. Kelas eksperimen menggunakan model Collaborative Learning dipadu Problem Solving, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan materi yang sama pada kedua kelas. Penelitian ini dilakukan di SMAN Jenggawah dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3.en_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. Suratno, M. Si. dan Mochammad Iqbal., S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKANen_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARANen_US
dc.subjectCOLLABORATIVE LEARNINGen_US
dc.subjectPROBLEM SOLVINGen_US
dc.subjectBERPIKIR KRITISen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Collaborative Learning dipadu Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa SMA di Daerah Perkebunan Kopien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPENDIDIKAN BIOLOGIen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Suratno, M. Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Mochammad Iqbal., S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record