• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) pada Materi Tekanan Zat terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Sudartik_190210104009.pdf (2.906Mb)
    Date
    2023-05-30
    Author
    SUDARTIK
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan dipandang sebagai bidang yang paling esensial guna mewujudkan kesejahteraan nasional. Pembelajaran IPA suatu metode yang menunjang siswa agar dapat menginterpretasikan konsep ilmiah (Safitri et al., 2021). Namun faktanya, dalam proses pembelajaran dimana materi IPA hanya disampaikan sebagai produk dan siswa hanya menghafal konsep faktual. Dalam proses pembelajaran tidak memfasilitasi siswa untuk berpikir kritis serta pembelajaran kurang bervariatif yang mana masih bersifat konvensional dan verbalisme. Hal tersebut berdampak terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis. Hasil belajar IPA dan kemampuan berpikir kritis dinyatakan masih tergolong rendah (Ekasari, 2021; Maslakhatunni’mah et al., 2019). Solusi yang dapat diberikan yakni penggunaan model pembelajaran yang setiap prosesnya melibatkan siswa. Salah satunya yaitu model process oriented guided inquiry learning (POGIL). POGIL dapat dijadikan solusi dikarenakan dalam sintaksnya fokus terhadap suatu konsep dan proses ilmiah yang dapat membangkitkan pemahaman siswa pada materi yang didukung dengan tim belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Menguji pengaruh model POGIL pada materi tekanan zat terhadap hasil belajar siswa SMP dan (2) Menguji pengaruh model POGIL pada materi tekanan zat terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jenis penelitian ini yaitu quasi experiment dengan pendekatan kuantitatif serta berdesain nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan di salah satu SMP di Kabupaten Jember tepatnya SMP Negeri 14 Jember pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Sampel ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data utama yaitu menggunakan tes tulis dan portofolio. Sementara observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data pendukung. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test berbantuan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan skor rerata hasil belajar dari ranah kognitif yakni kelas eksperimen mencapai skor pretest 44,16 posttest 76,54 sedangkan kelas kontrol 30,64 untuk skor pretest dan 63,22 untuk posttest. Uji mannwhittney u-test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) yakni lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000. Skor rerata hasil belajar ranah psikomotorik mencapai angka 90,45 pada kelas eksperimen dan 84,70 pada kelas kontrol. Hasil uji independent sample ttest memperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,002 dimana kurang dari 0,05. Analisis data kemampuan berpikir kritis memperoleh skor rerata pretest dan posttest kelas eksperimen yakni sebesar 43,00 dan 79,19. Sedangkan kelas kontrol nilai pretest mendapatkan skor 38,45 dan posttest 74,90. Nilai Sig. (2-tailed) kemampuan berpikir kritis yang diperoleh dari uji independet sample t-test memperoleh skor 0,046 yang mana lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka dikatakan terdapat perbedaan skor rerata hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji normalitas shapiro wilk, uji hipotesis (independent sample t-test dan mann whitneyy u-test dan uji t- pihak kanan), maka dapat disimpulkan bahwa: (1) model POGIL pada materi tekanan zat berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMP, dan (2) model POGIL berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118279
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15465]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository