Show simple item record

dc.contributor.authorSUDARTIK
dc.date.accessioned2023-10-13T08:26:02Z
dc.date.available2023-10-13T08:26:02Z
dc.date.issued2023-05-30
dc.identifier.nim190210104009en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118279
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_agustus_2023_11 Finalisasi unggah file repositori tanggal 13 Oktober 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractPendidikan dipandang sebagai bidang yang paling esensial guna mewujudkan kesejahteraan nasional. Pembelajaran IPA suatu metode yang menunjang siswa agar dapat menginterpretasikan konsep ilmiah (Safitri et al., 2021). Namun faktanya, dalam proses pembelajaran dimana materi IPA hanya disampaikan sebagai produk dan siswa hanya menghafal konsep faktual. Dalam proses pembelajaran tidak memfasilitasi siswa untuk berpikir kritis serta pembelajaran kurang bervariatif yang mana masih bersifat konvensional dan verbalisme. Hal tersebut berdampak terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis. Hasil belajar IPA dan kemampuan berpikir kritis dinyatakan masih tergolong rendah (Ekasari, 2021; Maslakhatunni’mah et al., 2019). Solusi yang dapat diberikan yakni penggunaan model pembelajaran yang setiap prosesnya melibatkan siswa. Salah satunya yaitu model process oriented guided inquiry learning (POGIL). POGIL dapat dijadikan solusi dikarenakan dalam sintaksnya fokus terhadap suatu konsep dan proses ilmiah yang dapat membangkitkan pemahaman siswa pada materi yang didukung dengan tim belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Menguji pengaruh model POGIL pada materi tekanan zat terhadap hasil belajar siswa SMP dan (2) Menguji pengaruh model POGIL pada materi tekanan zat terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jenis penelitian ini yaitu quasi experiment dengan pendekatan kuantitatif serta berdesain nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan di salah satu SMP di Kabupaten Jember tepatnya SMP Negeri 14 Jember pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Sampel ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data utama yaitu menggunakan tes tulis dan portofolio. Sementara observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data pendukung. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test berbantuan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan skor rerata hasil belajar dari ranah kognitif yakni kelas eksperimen mencapai skor pretest 44,16 posttest 76,54 sedangkan kelas kontrol 30,64 untuk skor pretest dan 63,22 untuk posttest. Uji mannwhittney u-test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) yakni lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000. Skor rerata hasil belajar ranah psikomotorik mencapai angka 90,45 pada kelas eksperimen dan 84,70 pada kelas kontrol. Hasil uji independent sample ttest memperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,002 dimana kurang dari 0,05. Analisis data kemampuan berpikir kritis memperoleh skor rerata pretest dan posttest kelas eksperimen yakni sebesar 43,00 dan 79,19. Sedangkan kelas kontrol nilai pretest mendapatkan skor 38,45 dan posttest 74,90. Nilai Sig. (2-tailed) kemampuan berpikir kritis yang diperoleh dari uji independet sample t-test memperoleh skor 0,046 yang mana lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka dikatakan terdapat perbedaan skor rerata hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji normalitas shapiro wilk, uji hipotesis (independent sample t-test dan mann whitneyy u-test dan uji t- pihak kanan), maka dapat disimpulkan bahwa: (1) model POGIL pada materi tekanan zat berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMP, dan (2) model POGIL berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing utama : Prof. Dr. Sutarto, M.Pd. Dosen Pembimbing anggota : Aris Singgih Budiarso, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNINGen_US
dc.subjectKEMAMPUAN BERPIKIR KRITISen_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARANen_US
dc.subjectPENDIDIKAN IPAen_US
dc.titlePengaruh Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) pada Materi Tekanan Zat terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Sutarto, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Aris Singgih Budiarso, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_agustus_2023_11en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record