• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan melalui E-SIAP (Elektronik Sistem Aplikasi Pendaftaran) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (3.385Mb)
    Date
    2023-09-07
    Author
    ANGGRAINI, Nikensari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada dasarnya pelayanan merupakan salah satu fungsi dari pemerintah. Tuntutan akan pelayanan yang berkualitas oleh masyarakat mendorong pemerintah melakukan inovasi dalam pelayanan publik. Perkembangan teknologi informasi pada saat ini sedikit banyak membawa perubahan dalam berbagai bidang kehidupan. Menyikapi hal tersebut pemerintah Kabupaten Blitar khusunya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar berupaya menciptakan inovasi pelayanan kependudukan berbasis web yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun yaitu E-SIAP atau Elektronik Sistem Aplikasi Pendaftaran. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar melalui aplikasi E-SIAP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk informan penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dan untuk uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik serta menggunakan bahan referensi. Data yang diperoleh kemudian di analisis menggunakan model interktif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa menurut dimensi kualitas pelayanan, kualitas pelayanan administrasi kependudukan melalui E-SIAP telah telaksana dan memenuhi dimensi kualitas pelayanan publik. Namun terdapat kendala terkait aplikasi E-SIAP yaitu kurang populer dalam pelayanan kependudukan di Kabupaten Blitar dikarenakan kurangnya sosialisasi oleh petugas sehingga mengakibatkan sedikitnya jumlah pengguna E-SIAP.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118250
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5753]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository