• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Korean Wave, Beauty Vlogger, dan Kualitas Produk Sebagai Penentu Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Korea

    Thumbnail
    View/Open
    Nuril Asna_160810201215.pdf (1.843Mb)
    Date
    2023-06-26
    Author
    ASNA, Nuril
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Popularitas Korean wave memengaruhi orang Indonesia untuk terus menyukai segala hal tentang Korea Selatan dan ketika seseorang telah menyukai sesuatu, maka orang tersebut cenderung ingin memiliki. Paparan Korean wave tersebut menjadikan antusiasme perempuan Indonesia untuk mendapatkan kulit wajah serta tubuh seperti artis-artis Korea Selatan yang mereka gemari meningkat. Berdasarkan data dalam ZAP Beauty Index 2020, 57,6% perempuan Indonesia menyukai produk kecantikan dari Korea Selatan. Beragamnya jenis dan merek kosmetik mendorong konsumen untuk lebih selektif dalam pemilihan produk sebelum memutuskan sebuah pembelian. Dalam tahap pencarian informasi, konsumen mendapatkan informasi melalui dua sumber, yaitu sumber internal seperti keluarga, teman, maupun tetangga, dan sumber eksternal seperti platform digital (website resmi, blog, YouTube, TikTok, maupun media sosial lainnya). Video yang diunggah oleh seorang beauty vlogger merupakan informasi produk yang meyakinkan penonton sebelum memutuskan pembelian. Selain itu, kualitas produk juga berperan penting dalam keputusan pembelian. Kualitas pada produk kosmetik (make-up dan skincare) adalah kandungan bahan-bahan yang bermutu dan alami, dan kemasan yang menarik, kuat, elegan, dan mudah digunakan. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh konsumen berusia minimal 18 tahun yang membeli dan menggunakan produk kosmetik Korea Selatan dalam kurun waktu minimal selama 3-6 bulan, kemudian diambil sebagai sampel dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 152 responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory, yaitu penelitian yang menjelaskan sebuah permasalahan melalui pengujian hipotesa, kemudian dilakukan analisis dari data yang telah diperoleh. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Korean wave, beauty vlogger, dan kualitas produk kosmetik asal Korea Selatan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di Indonesia.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118239
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12521]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository