Pengaruh Bahan Ajar Power Point Interaktif Melalui Model Discovery Learning terhadap Motivasi dan High Order Thinking Skill Siswa (HOTS) SMP
Abstract
Perubahan dan kemajuan ilmu sains serta teknologi informasi yang sangat cepat dan pesat memberikan dampak terhadap perubahan pola kehidupan manusia, salah satunya di bidang Ilmu Pengetahuan Alam sangatlah membutuhkan bantuan suatu teknologi, untuk menggapai tujuan tersebut dibutuhkan sarana berupa model pembelajaran serta perangkat pembelajaran yang sesuai (Hadiyanti, 2021). Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh bahan ajar power point interaktif melalui model discovery learning terhadap motivasi dan HOTS siswa SMP. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian post-test only control design. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa tes dan angket yang kemudian diolah melalui bantuan aplikasi SPSS V25 melalui uji normalitas, independent sample t-test dan uji t-pik kanan. Hasil yang diperoleh adalah bahan ajar power point interaktif dengan model discovery learning berpengaruh signifikan terhadap motivasi dan HOTS siswa SMP.