Pengembangan Model Penataan Perpustakaan Untuk Stimulasi Literasi Dini Anak di TK Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023
Abstract
Perpustakaan sekolah harus berfungsi sebagai wadah belajar para siswa bukan
hanya penunjang pembelajaran. Oleh karena itu perpustakaan sekolah harus diatur
dengan benar agar dapat berperan sesuai dengan fungsinya. Penataan ruang
perpustakaan anak memiliki peranan penting, di mana bisa membuat anak merasa
nyaman dan betah ketika berada di dalam. Melalui penataan perpustakaan, anakanak akan bereksplorasi melalui tersedianya sumber daya literasi dan permainan
edukatif. Berdasarkan hasil pengamatan awal di bulan Agustus 2022 di TK ALIrsyad Al-Islamiyyah Kabupaten Jember ditemukan bahwa terdapat murid
kelompok A yang belum lancar membaca, lalu juga masih terdapat anak yang belum
tahu tentang huruf abjad. Sedangkan di kelompok B rata-rata sudah banyak yang
lancar membaca, kecuali anak kelompok B1 sekitar 5-6 anak yang belum lancar
membaca. Kegiatan literasi di TK Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember hanya dilakukan
melalui buku latihan atau pedoman membaca mengeja yang disediakan oleh
sekolah. Guru kelas berusaha mengoptimalkan kegiatan membaca mengeja setiap
hari Senin sampai Kamis untuk menambah kosakata anak. Perpustakaan di TK AlIrsyad Al-Islamiyyah Jember penataan sebelumnya yaitu hanya pojok baca
sehingga perlu di kembangkan menjadi perpustakaan agar di kunjungi oleh seluruh
kelompok.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana proses dan hasil
pengembangan model penataan perpustakaan untuk menstimulasi literasi dini anak
di TK Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023?”
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan penataan perpustakaan untuk
stimulasi literasi dini anak di TK Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau yang biasa
disebut dengan research and development (R&D) dengan menggunakan model
ADDIE. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ini meliputi observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Sumber data berasal dari kepala sekolah, WAKA
Sarana dan Prasarana dan anak. Teknik analisis data yaitu menggunakan teknik
analisis data kuantitatif dengan menggunakan kuisioner dan menggunakan rumus
valpro.
Proses pengembangan penataan perpustakaan untuk stimulasi literasi dini di TK
Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember menggunakan model pendekatan ADDIE, yaitu 1)
Tahap analisis permasalahan untuk menghasilkan informasi mengenai kebutuhankebutuhan dalam model penataan ruang perpustakaan untuk didesain, 2) Tahap
desain produk dalam pengembangan ini adalah menyusun rencana penataan
perpustakaan dan melakukan desain pembuatan penataan perpustakaan, 3) Tahap
pengembangan yaitu validasi produk mengenai penataan perpustakaan yang diuji
kelayakannya oleh dosen PG PAUD dan kepala sekolah TK Al-Irsyad AlIslamiyyah, 4) Tahap implementasi yaitu penerapan rancangan kegiatan yang telah
dirancang oleh peneliti dengan kegiatan dilakukan ruang perpustakaan subyek
kelompok A1 dan B1, dan 5) Tahap evaluasi yaitu menganalisis uji kepraktisan dan
uji keefektifan.
Hasil uji validitas ahli skor rata-rata validasi secara keseluruhan adalah 88
dengan kategori sangat layak. Uji kepraktisan mendapatkan skor rata-rata 73
dengan kriteria praktis. Uji keefektifan mendapatkan skor rata-rata yang
keseluruhan terlihat anak melakukan kegiatan literasi di dalam perpustakaan
mendapatkan skor 75 dengan kriteria efektif.
Saran yaitu bisa mengadakan kegiatan lomba terkait dengan literasi dini dan
dapat meminjam bahan pustaka atau APE (Alat Permainan Edukatif) dengan pihak
mitra luar untuk memenuhi kegiatan di ruang perpustakaan.