Show simple item record

dc.contributor.authorHIRMAWAN, Rafiiqaa Ramadhan
dc.date.accessioned2023-10-04T07:45:47Z
dc.date.available2023-10-04T07:45:47Z
dc.date.issued2023-05-25
dc.identifier.nim190210205092en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118144
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_agustus_2023_15 Finalisasi unggah file repositori tanggal 4 Oktober 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractPerpustakaan sekolah harus berfungsi sebagai wadah belajar para siswa bukan hanya penunjang pembelajaran. Oleh karena itu perpustakaan sekolah harus diatur dengan benar agar dapat berperan sesuai dengan fungsinya. Penataan ruang perpustakaan anak memiliki peranan penting, di mana bisa membuat anak merasa nyaman dan betah ketika berada di dalam. Melalui penataan perpustakaan, anakanak akan bereksplorasi melalui tersedianya sumber daya literasi dan permainan edukatif. Berdasarkan hasil pengamatan awal di bulan Agustus 2022 di TK ALIrsyad Al-Islamiyyah Kabupaten Jember ditemukan bahwa terdapat murid kelompok A yang belum lancar membaca, lalu juga masih terdapat anak yang belum tahu tentang huruf abjad. Sedangkan di kelompok B rata-rata sudah banyak yang lancar membaca, kecuali anak kelompok B1 sekitar 5-6 anak yang belum lancar membaca. Kegiatan literasi di TK Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember hanya dilakukan melalui buku latihan atau pedoman membaca mengeja yang disediakan oleh sekolah. Guru kelas berusaha mengoptimalkan kegiatan membaca mengeja setiap hari Senin sampai Kamis untuk menambah kosakata anak. Perpustakaan di TK AlIrsyad Al-Islamiyyah Jember penataan sebelumnya yaitu hanya pojok baca sehingga perlu di kembangkan menjadi perpustakaan agar di kunjungi oleh seluruh kelompok. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana proses dan hasil pengembangan model penataan perpustakaan untuk menstimulasi literasi dini anak di TK Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023?” Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan penataan perpustakaan untuk stimulasi literasi dini anak di TK Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau yang biasa disebut dengan research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data berasal dari kepala sekolah, WAKA Sarana dan Prasarana dan anak. Teknik analisis data yaitu menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan kuisioner dan menggunakan rumus valpro. Proses pengembangan penataan perpustakaan untuk stimulasi literasi dini di TK Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember menggunakan model pendekatan ADDIE, yaitu 1) Tahap analisis permasalahan untuk menghasilkan informasi mengenai kebutuhankebutuhan dalam model penataan ruang perpustakaan untuk didesain, 2) Tahap desain produk dalam pengembangan ini adalah menyusun rencana penataan perpustakaan dan melakukan desain pembuatan penataan perpustakaan, 3) Tahap pengembangan yaitu validasi produk mengenai penataan perpustakaan yang diuji kelayakannya oleh dosen PG PAUD dan kepala sekolah TK Al-Irsyad AlIslamiyyah, 4) Tahap implementasi yaitu penerapan rancangan kegiatan yang telah dirancang oleh peneliti dengan kegiatan dilakukan ruang perpustakaan subyek kelompok A1 dan B1, dan 5) Tahap evaluasi yaitu menganalisis uji kepraktisan dan uji keefektifan. Hasil uji validitas ahli skor rata-rata validasi secara keseluruhan adalah 88 dengan kategori sangat layak. Uji kepraktisan mendapatkan skor rata-rata 73 dengan kriteria praktis. Uji keefektifan mendapatkan skor rata-rata yang keseluruhan terlihat anak melakukan kegiatan literasi di dalam perpustakaan mendapatkan skor 75 dengan kriteria efektif. Saran yaitu bisa mengadakan kegiatan lomba terkait dengan literasi dini dan dapat meminjam bahan pustaka atau APE (Alat Permainan Edukatif) dengan pihak mitra luar untuk memenuhi kegiatan di ruang perpustakaan.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing utama : Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.A Dosen Pembimbing anggota : Indah Rohmatuz Zahro, S.Pd.I., M.Pd.Ien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPERPUSTAKAN SEKOLAHen_US
dc.subjectLITERASI DINIen_US
dc.subjectPENDIDIKAN ANAK USIA DINIen_US
dc.titlePengembangan Model Penataan Perpustakaan Untuk Stimulasi Literasi Dini Anak di TK Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.Aen_US
dc.identifier.pembimbing2Indah Rohmatuz Zahro, S.Pd.I., M.Pd.Ien_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_agustus_2023_15en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record