• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Materi Bentuk dan Fungsi Bagian Tubuh Hewan dan Tumbuhan di SDN Jember Kidul 04

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (2.068Mb)
    Date
    2023-08-08
    Author
    SAINI, Muhamad
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kompetensi kecakapan pada abad 21 meliputi; hidup berkarier, selalu belajar dan berinovasi, menguasai teknologi media informasi, berpikir kritis dan memecahkan permasalahan, terampil berkomunikasi, berjiwa kreatif dan inovatif, dan dapat bekerjasama dalam suatu kelompok. Kecakapan-kecakapan tersebut dapat dicapai dengan menggunakan model pembelajaran yang memiliki paradigma konstruktif, berpusat pada peserta didik, dan berbasis eksperimen. Salah satu model pembelajaran yang memiliki paradigm tersebut yaitu contextual teaching and learning atau CTL. Oleh karena itu, dilakukanlah penelitian tentang “Pengaruh Model Pembelajaran CTL Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Materi Bentuk dan Fungsi Bagian Tubuh Hewan dan Tumbuhan di SDN Jember Kidul 04”. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu adakah pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa kelas 4 materi bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan di SDN Jember Kidul 04, dengan data statistic deskriptif berbantuan software Microsoft Excel dan SPSS versi 25. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Kidul 04 , Kabupaten Jember. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA dengan jumlah 28 siswa dan kelas IVB dengan jumlah 28 siswa. Penelitian ini menggunakan analisis data uji t, kemudian dihitung tingkat keefektifan relatifnya untuk memperoleh data berupa angka yang disertai dengan uraian untuk menjelaskan hasil analisis. Metode yang digunakan penelitian ini yaitu adalah wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini menghasilkan uji t = 13,2, kemudian pada tingkat keefektifan penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) lebih efektif sebesar 20,26% dengan kategori keefektifan rendah dibanding dengan model pembelajaran konvensional atau ceramah. Keefektifan rendah pada penelitian ini disebabkan oleh beberapa factor, diantaranya; model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) jarang diterapkan di kelas, sehingga siswa tidak terbiasa dengan model pembelajaran tersebut, saat proses pembelajaran ada beberapa siswa yang tidak masuk sekolah, dan pembagian kelompok di kelas yang dilakukan secara acak tanpa mempertimbangkan jenis kelamin dan pengetahuan dasar siswa. Adapun saran yang dapat diberikan kepada guru adalah perlu membiasakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) ini diterapkan di kelas. Kemudian, materi dan perangkat pembelajaran perlu disiapkan dengan matang agar model pembelajaran ini bisa efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118099
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository