dc.contributor.author | SAINI, Muhamad | |
dc.date.accessioned | 2023-10-02T07:13:43Z | |
dc.date.available | 2023-10-02T07:13:43Z | |
dc.date.issued | 2023-08-08 | |
dc.identifier.nim | 180210204149 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118099 | |
dc.description.abstract | Kompetensi kecakapan pada abad 21 meliputi; hidup berkarier, selalu
belajar dan berinovasi, menguasai teknologi media informasi, berpikir kritis dan
memecahkan permasalahan, terampil berkomunikasi, berjiwa kreatif dan inovatif,
dan dapat bekerjasama dalam suatu kelompok. Kecakapan-kecakapan tersebut
dapat dicapai dengan menggunakan model pembelajaran yang memiliki
paradigma konstruktif, berpusat pada peserta didik, dan berbasis eksperimen.
Salah satu model pembelajaran yang memiliki paradigm tersebut yaitu contextual
teaching and learning atau CTL. Oleh karena itu, dilakukanlah penelitian tentang
“Pengaruh Model Pembelajaran CTL Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 4
Materi Bentuk dan Fungsi Bagian Tubuh Hewan dan Tumbuhan di SDN Jember
Kidul 04”.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu adakah pengaruh model
pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa
kelas 4 materi bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan di SDN
Jember Kidul 04, dengan data statistic deskriptif berbantuan software Microsoft
Excel dan SPSS versi 25.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Kidul 04 , Kabupaten Jember.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA dengan jumlah 28 siswa dan kelas
IVB dengan jumlah 28 siswa. Penelitian ini menggunakan analisis data uji t,
kemudian dihitung tingkat keefektifan relatifnya untuk memperoleh data berupa
angka yang disertai dengan uraian untuk menjelaskan hasil analisis. Metode yang
digunakan penelitian ini yaitu adalah wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini menghasilkan uji t = 13,2, kemudian pada tingkat
keefektifan penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning
(CTL) lebih efektif sebesar 20,26% dengan kategori keefektifan rendah dibanding
dengan model pembelajaran konvensional atau ceramah. Keefektifan rendah pada
penelitian ini disebabkan oleh beberapa factor, diantaranya; model pembelajaran
Contextual Teaching and Learning (CTL) jarang diterapkan di kelas, sehingga
siswa tidak terbiasa dengan model pembelajaran tersebut, saat proses
pembelajaran ada beberapa siswa yang tidak masuk sekolah, dan pembagian
kelompok di kelas yang dilakukan secara acak tanpa mempertimbangkan jenis
kelamin dan pengetahuan dasar siswa.
Adapun saran yang dapat diberikan kepada guru adalah perlu
membiasakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) ini
diterapkan di kelas. Kemudian, materi dan perangkat pembelajaran perlu
disiapkan dengan matang agar model pembelajaran ini bisa efektif dalam
meningkatkan hasil belajar siswa. | en_US |
dc.description.sponsorship | Pembimbing Utama : Agustiningsi, S.Pd., M.Pd
Pembimbing Anggota : Kendid Mahmudi, S.Pd., M.PFis | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Contextual Teaching and Learning (CTL) | en_US |
dc.subject | Tubuh Hewan dan Tumbuhan | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Materi Bentuk dan Fungsi Bagian Tubuh Hewan dan Tumbuhan di SDN Jember Kidul 04 | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Agustiningsih, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Kendid Mahmudi, S.Pd., M.PFis. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 25 Agustus 2023 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2023_10_tanggal 02 | en_US |