Pengaruh Promosi dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian pada Layanan Jasa Online GoFood (Studi Kasus Pengguna GoFood Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember)
Abstract
Perkembangan teknologi dalam dunia bisnis yang semakin pesat membuat
konsumen melakukan pembelian secara online. Pembelian dengan menggunakan
layanan jasa online dirasa sangat cepat dan praktis. Layanan jasa online saat ini
digemari oleh masyarakat seperti adanya layanan jasa pesan antar makanan.
Awalnya pembelian makanan harus datang ke lokasi secara langsung, namun
sekarang menggunakan layanan jasa pesan antar makan online dapat dilakukan
dimanapun dan tidak diperlukan ke lokasi secara langsung sehingga dapat
mempersingkat waktu.
GoFood merupakan salah satu fitur dari aplikasi Gojek yang digunakan
untuk membeli makanan dan minuman secara online. GoFood mulai diluncurkan
pada tahun 2015 dan beroperasi pada Kecamatan Sumbersari pada tahun 2017.
Layanan jasa online ini memudahkan konsumen apabila ingin membeli makanan
tidak perlu keluar rumah, sehingga lebih praktis dan cepat. Strategi yang digunakan
GoFood untuk menarik konsumen dengan memberikan promo menarik serta tetap
menjaga kepercayaan konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh
signifikan promosi dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian layanan jasa
online GoFood pada masyarakat Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.
Mengetahui pengaruh promosi dan kepercayaan secara parsial terhadap keputusan
pembelian layanan jasa online GoFood pada masyarakat Kecamatan Sumbersari
Kabupaten Jember serta mengetahui pengaruh yang paling dominan diantara
variabel promosi dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian layanan jasa
online GoFood pada masyarakat Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan dikategorikan
sebagai explanatory research yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antar
variabel. Populasi penelitian ini yaitu masyarakat Kecamatan Sumbersari
Kabupaten Jember. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah
purposive sampling. Pengumpulan data dengan melakukan penyebaran kuesioner,
studi pustaka dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi
linier berganda.
Hasil penelitian menunjukan Promosi (X1) dan Kepercayaan (X2) secara
simultan mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak
dan Ha diterima. Artinya variabel Promosi (X1) dan Kepercayaan (X2) secara
simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada pengguna
GoFood di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Promosi (X1) secara parsial
memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha
diterima. Artinya variabel Promosi (X1) secara parsial berpengaruh signifikan
terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada pengguna GoFood di Kecamatan
Sumbersari Kabupaten Jember. Kepercayaan (X2) secara parsial memiliki nilai
signifikansi sebesar 0,005 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya
variabel Kepercayaan (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap
Keputusan Pembelian (Y) pada pengguna GoFood di Kecamatan Sumbersari
Kabupaten Jember.
Berdasarkan nilai zero-order dapat diketahui bahwa kontribusi dari variabel
Promosi (X1) sebesar 59,6% dan Kepercayaan (X2) sebesar 19,4% pada keputusan
pembelian yang dilakukan masyarakat Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.
Hasil tersebut menunjukan jika Promosi (X1) memiliki pengaruh lebih besar
terhadap Keputusan Pembelian (Y), sehingga disimpulkan jika Ha dapat diterima.
Hasil regresi pada penelitian ini memiliki nilai koefisien determinasi sebesar 0,790
atau sama dengan 79% . Keputusan Pembelian (Y) pada pengguna GoFood di
Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember sebesar 79% dipengaruhi oleh variabel
Promosi (X1) dan Kepercayaan (X2), sedangkan sisanya sebesar 21% yang
didapatkan dari 100%-79% = 21% dipengaruhu oleh variabel lain yang tidak diteliti
dalam penelitian ini seperti citra merek, harga, kualitas produk dan lain sebagainya.