Show simple item record

dc.contributor.authorHANIFAH, Nabilah Nur
dc.date.accessioned2023-09-27T06:53:54Z
dc.date.available2023-09-27T06:53:54Z
dc.date.issued2023-05-16
dc.identifier.nim180210301115en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118046
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_juli_2023_10 Finalisasi unggah file repositori tanggal 27 September 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractPerkembangan teknologi dalam dunia bisnis yang semakin pesat membuat konsumen melakukan pembelian secara online. Pembelian dengan menggunakan layanan jasa online dirasa sangat cepat dan praktis. Layanan jasa online saat ini digemari oleh masyarakat seperti adanya layanan jasa pesan antar makanan. Awalnya pembelian makanan harus datang ke lokasi secara langsung, namun sekarang menggunakan layanan jasa pesan antar makan online dapat dilakukan dimanapun dan tidak diperlukan ke lokasi secara langsung sehingga dapat mempersingkat waktu. GoFood merupakan salah satu fitur dari aplikasi Gojek yang digunakan untuk membeli makanan dan minuman secara online. GoFood mulai diluncurkan pada tahun 2015 dan beroperasi pada Kecamatan Sumbersari pada tahun 2017. Layanan jasa online ini memudahkan konsumen apabila ingin membeli makanan tidak perlu keluar rumah, sehingga lebih praktis dan cepat. Strategi yang digunakan GoFood untuk menarik konsumen dengan memberikan promo menarik serta tetap menjaga kepercayaan konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh signifikan promosi dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian layanan jasa online GoFood pada masyarakat Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Mengetahui pengaruh promosi dan kepercayaan secara parsial terhadap keputusan pembelian layanan jasa online GoFood pada masyarakat Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember serta mengetahui pengaruh yang paling dominan diantara variabel promosi dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian layanan jasa online GoFood pada masyarakat Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan dikategorikan sebagai explanatory research yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antar variabel. Populasi penelitian ini yaitu masyarakat Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah purposive sampling. Pengumpulan data dengan melakukan penyebaran kuesioner, studi pustaka dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan Promosi (X1) dan Kepercayaan (X2) secara simultan mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya variabel Promosi (X1) dan Kepercayaan (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada pengguna GoFood di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Promosi (X1) secara parsial memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya variabel Promosi (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada pengguna GoFood di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Kepercayaan (X2) secara parsial memiliki nilai signifikansi sebesar 0,005 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya variabel Kepercayaan (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada pengguna GoFood di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Berdasarkan nilai zero-order dapat diketahui bahwa kontribusi dari variabel Promosi (X1) sebesar 59,6% dan Kepercayaan (X2) sebesar 19,4% pada keputusan pembelian yang dilakukan masyarakat Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Hasil tersebut menunjukan jika Promosi (X1) memiliki pengaruh lebih besar terhadap Keputusan Pembelian (Y), sehingga disimpulkan jika Ha dapat diterima. Hasil regresi pada penelitian ini memiliki nilai koefisien determinasi sebesar 0,790 atau sama dengan 79% . Keputusan Pembelian (Y) pada pengguna GoFood di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember sebesar 79% dipengaruhi oleh variabel Promosi (X1) dan Kepercayaan (X2), sedangkan sisanya sebesar 21% yang didapatkan dari 100%-79% = 21% dipengaruhu oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti citra merek, harga, kualitas produk dan lain sebagainya.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing utama : Dr. Retna Ngesti Sedyati, M.P. Dosen Pembimbing anggota : Dr. Sukidin, M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPROMOSIen_US
dc.subjectLAYANAN JASA ONLINEen_US
dc.subjectKEPUTUSAN PEMBELIANen_US
dc.subjectPERILAKU KONSUMENen_US
dc.titlePengaruh Promosi dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian pada Layanan Jasa Online GoFood (Studi Kasus Pengguna GoFood Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember)en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Ekonomien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Retna Ngesti Sedyati, M.P.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Sukidin, M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_juli_2023_10en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record