Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media E-Learning Berbasis Aplikasi Schoology Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA
Abstract
Pada era perkembangan IPTEK yang semakin pesat ini berdampak
terhadap dunia pendidikan salah satunya pada pembelajaran geografi yang tidak
terlepas dengan adanya teknologi. Pelajaran geografi harus diintegrasikan dengan
ketrampilan, rutinitas, dana perilaku yang dapat dibuktikan. Kesesuaian topik dan
waktu yang dibutuhkan untuk proses pembelajaran harus menjadi pertimbangan
ketika membentuk pengetahuan dalam geografi. Diperlukan strategi pengajaran
yang inovatif untuk konten geografi itu sendiri, agar siswa mampu memberikan
kesempatan kepada siswa agar melakukan penelitian tentang masalah kontekstual
di lingkungan mereka secara real time dan menciptakan lingkungan berpikir yang
lebih kompleks, digunakan pembelajaran berbasis proyek (PjBL).
Kemajuan pembelajaran dapat diaplikasikan dengan penggunaan media
komputer yang dipadukan dengan internet yang kemudian memunculkan sebuah
sistem belajar berbasis elektronik yang digunakan pada bidang pendidikan yang
disebut dengan e-learning. Salah satunya dengan menggunakan media schoology,
media ini memiliki keuntungan karena lebih mudah digunakan, dapat diakses oleh
semua siswa yang berpartisipasi dalam kelas, tersedia dimana saja maupun kapan
saja, dan mampu memfasilitasi interaksi antara siswa dan guru. Penggunaan
aplikasi schoology memberikan sebuah solusi yang inovatif dalam pemanfaatan elearning, Karena hasilnya dari penggunaan media berbasis elektronik mampu
meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran project based
learning berbantuan media pembelajaran e-learning berbasis aplikasi schoology
terhadap hasil belajar pada siswa SMA.
Penelitian ini merupakan menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen
dengan desain penelitian nonequivalent control group design, dimana kelompok
kontrol dan kelompok eksperimen tidak dipilih secara acak. Populasi pada
penelitian kali ini yaitu siswa kelas X SMAN 2 Jember yang terdiri dari 10 kelas.
Penentuan responden dilakukan dengan uji homogenitas pada seluruh populasi
yang akan digunakan yakni siswa siswi pada kelas X SMA 2 Jember dengan
pengambilan sampel dari keseleuruhan kelas yakni 10 kelas. Pada desain ini akan
terdapat kelas kontrol dan kelas eksperimen, nantinya pada kelompok eksperimen
akan diberikan model pembelajaran project based learning berbantuan schoology
sebagai media pembelajaran mobile learning, Sedangkan kelas kontrol
menggunakan teknik konvensional yang sudah biasa diterapkan oleh guru di
SMAN 2 Jember.
Hasil uji test dengan menggunakan independent samples test menunjukkan
nilai sig. pada kolom levene’s test for equality of variances > 0,05 yaitu untuk
nilai pretest 0.391 sedangkan pada posttest sendiri menunjukkan 0.076. Nilai pada
sig. (2-tailed) masing-masing baik itu pretest maupun posttest sebesar 0,000 atau
nilai sig ≤ 0,05 sehingga didasarkan pada pedoman pengambilan keputusan jika
(H0) ditolak maka hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Berdasarkan analisis data, model pembelajaran project based learning
yang menjadi salah satu model dengan strategi pengajaran instruksional dengan
penekanan pada konsep belajar kontekstual melalui tugas-tugas dalam ranah
kompleks, serta mendorong upaya siswa untuk memecahkan masalah
menggunakan pengetahuan mereka.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa konsep pembelajaran dengan
menggunakan project based learning dipadukan dengan media schoology
memiliki pengaruh signifiikan terhadap hasil belajar siswa. sehingga model
pembelajaran ini dapat digunakan dan diterapkan untuk meningkatkan hasil
belajar geografi siswa di SMA.